Vaksinasi, Langkah Tepat Untuk Cegah Tetanus

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh sakit. Kalau tidak, mungkin tidak akan ada yang namanya dokter ataupun rumah sakit di dunia ini. Setuju nggak? Kecuali anda adalah salah satu ‘manusia mutan’ ataupun ‘superhero’ seperti yang ada di dalam film-film. Meskipun antibodi masing-masing orang berbeda-beda satu sama lain, tapi tetap saja kan mereka semua memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit.

Nah, itulah sebabnya mengapa sejak anda masih kecil atau berusia balita, orangtua anda pasti akan membawa anda ke puskesmas atau rumah sakit tertentu untuk mendapatkan imunisasi. Imunisasi inilah yang akan membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh si anak. Salah satu imunisasi yang harus dilakukan adalah imunisasi untuk menangkal yang namanya penyakit Tetanus.

Vaksin Tetanus merupakan bagian dari kebutuhan tubuh manusia yang berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Para medis menyebut obat ini sebagai Vaksin Imunogenik. Selain jenis vaksin ini, para medis juga tentunya memiliki Vaksin Patogenik, yang biasanya digunakan juga untuk melakukan pencegahan dari serangan bakteri penyebab Tetanus.

Sebenarnya masih banyak lagi bermacam-macam jenis Vaksin yang bisa anda temukan, misalnya berbagai dari Vaksin Pra-Nikah yang digunakan bagi para wanita saat akan melaksanakan pernikahan. Metode semacam ini sudah diterapkan lho ke beberapa negara di dunia.

Konvensional Vaksin Tetanus juga sangat dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)yang  harus diberikan secara rutin kepada anak atau orang dewasa, bahkan vaksin ini juga diberikan kepada para wisatawan yang akan bepergian dari satu daerah ke daerah lainnya. Selain sebagai tindakan pencegahan, hal tersebut juga dilakukan karena bahaya Tetanustidak boleh dianggap remeh.

Tetanus biasanya disebabkan oleh jenis bakteri yang dikenal dengan sebutan Clostridium Tetani.Clostridium Tetani ini merupakan bakteri Anaerob yang pada dasarnya tidak membutuhkan oksigen untuk bisa bertahan hidup. Bakteri semacam inilah yang sangat mudah berkembang dengan cepat pada saat seseorang mengalami luka tusuk atau luka yang kotor pada kulit bagian dalam.

Akan tetapi dengan ditemukannya Vaksin Tetanus, maka tindakan pencegahan infeksi karena bakteri ini pun pada akhirnya bisa dicegah, sehingga tidak ada bakteri penyebab tetanus yang tertinggal pada luka tersebut.

https://youtu.be/y886ZwSPfdo

Gejala Yang Timbul Akibat Tetanus

Ketika seseorang terkena tetanus, maka toksin yang dihasilkan atau diproduksi oleh bakteri tetanus ini biasanya akan menimbulkan beberapa gejala yang akan dialami oleh si penderita selama 3 hari atau bahkan bisa sampai 3 minggu setelah si penderita terinfeksi bakteri tersebut. Gejala yang pertama kali muncul atau dirasakan oleh tubuh adalah kekakuan pada rahang, sehingga akan mempersulit si penderita untuk membuka mulutnya.

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain yang perlu anda perhatikan, seperti:

  • Nyeri kepala
  • Kekakuan otot yangdimulai dari rahang, lalu menjalar ke leher, kaki, tangan dan perut
  • Kesulitan menelan
  • Gelisah
  • Mudah marah
  • Nyeri tenggorokan
  • Demam dan berkeringat
  • Rasa berdebar-debar
  • Tekanan darah dapat tinggi maupun rendah
  • Spasme otot wajah yang menyebabkan wajah penderita seperti tersenyum atau menyeringai

Jika sudah merasakan gejala seperti yang telah disebutkan diatas tadi, segeralah periksakan ke dokter agar anda bisa segera mendapatkan penanganan secara medis. Jangan coba-coba untuk mengabaikan gejala tersebut karena Tetanus itu sendiri bisa mengakibatkan kematian, yang awalnya membuat anda kesulitan bernapas.

Kemungkinan anda akan diberikan vaksin tetanus untuk merangsang produksi antibodi tubuh terhadap racun tetanus yang masuk ke dalam tubuh dan melindungi seseorang dari gejala-gejala di atas atau rasa sakit yang mungkin dialami akibat penyakit ini. Penyakit semacam ini juga bisa menyerang bayi yang perawatan tali pusarnya tidak memadai pada saat bayi lahir.  Jadi berhati-hatilah.

Ikatan Dokter Anak Indonesia telah merekomendasikan pemberian vaksin ini ketika bayi berusia 2, 3 dan 4 bulan, kemudian memberikan vaksin ulangan atau booster pada usia 18 bulan dan 5 tahun. Pada anak berusia di atas 10 tahun dan orang dewasa yang belum pernah divaksinasi waktu kecil, vaksin ini diberikan sebanyak tiga kali setiap satu bulan sekali, yaitu berupa vaksin jenis Td/IPV.

Cara dan Jadwal Pemberian Vaksin Tetanus 

Vaksin tetanus biasanya diberikan melalui suntikan pada otot lengan atas (deltoid). Jika anda tidak pernah mendapat vaksin tetanus saat masih anak-anak, maka anda harus mendapatkan vaksin DT sebanyak 3 kali, yang harus diberikan dalam jangka waktu 7-12 bulan. Jika anda berusia di bawah 65 tahun, maka salah satu dari ketiga vaksin di atas harus mengandung toksin pertussis (DPT).

Vaksin pertussis juga akan diberikan pada orang yang sering berkontak dengan bayi atau pasien. Setelah usai memperoleh vaksin lengkap sebanyak 3 kali, dapatkan vaksin ulang setiap 10 tahun sekali.

Selain jenis vaksin tersebut, ada beberapa jenis vaksin lainnya yang juga bisa melindungi Anda dari tetanus, yang biasanya bisa dikombinasikan dengan vaksin penyakit lain, seperti batuk rejan atau pertusis. Berikut ini adalah jenis-jenis vaksin lain yang juga bisa digunakan untuk mencegah dan melindungi Anda dari penyakit tetanus tersebut:

  1. Vaksin DPT (Difteri Pertusis Whole Cell Tetanus)
  2. Vaksin TDAP (Difteri Acelluler Pertusis Tetanus)
  3. Vaksin Td (Difteri Tetanus)
  4. Vaksin TT (Tetanus Texoid)

Setelah mengetahui jenis Vaksin Tetanus tersebut, maka disini juga akan dijelaskan mengenai jadwal pemberian suntikan kepada si penderita untuk mencegahnya dengan dosis yang sudah di anjurkan oleh para medis. Berikut jadwal pemberian dosis obat tersebut :

  1. TT 1, diberikan dengan dosis 0,5 cc.
  2. TT 2, jarak pemberian 4 minggu setelah TT 1, dapat memberikan perlindungan selama 3 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
  3. TT 3, jarak pemberian 6 bulan setelah TT 2, masa perlindungan 5 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
  4. TT 4, jarak pemberian 1 tahun setelah TT 3, masa perlindungan 10 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.
  5. TT 5, jarak pemberian 1 tahun setelah TT 4, masa perlindungan 25 tahun, dosis pemberian 0,5 cc.

Namun Vaksin Tetanus itu sendiri juga memiliki efek samping yang akan dirasakan si penderita. Akan tetapi jika mengingat manfaat dari obat tersebut, mungkin akan sejenak dilupakan efek samping tersebut. Berikut adalah efek samping yang akan dirasakan usai pemberian Vaksin Tetanus :

  • Nyeri, pembengkakan, dan kemerahan pada tempat bekas suntikan vaksin
  • Demam
  • Nyeri kepala
  • Nyeri otot
  • Lelah

Nah, bagaimana jika seseorang akan mengalami reaksi alergi yang akan di timbulkan si penderita usai mendapatkan penangan obat dengan Suntikkan tersebut. Biasanya reaksi yang ditimbulkan hanya dalam waktu yang singkat setelah vaksinasi. Berikut Gejala seseorang alergi usai mendapatkan Vaksin :

  • Kulit kemerahan, gatal atau bengkak
  • Kesulitan bernapas atau gangguan pernapasan lainnya
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Nyeri perut atau kram perut
  • Pusing
  • Tekanan darah rendah
  • Denyut jantung cepat

Kalau sudah merasakan keluhan-keluhan diatas usai menjalankan Vaksinasi, segeralah mendatangi dokter yang bisa menanganinya.

Kaum Yang Tidak Boleh Mendapatkan Vaksin Tetanus

Memang rada mengejutkan sedikit, ternyata tidak semua kaum boleh mendapatkan Vaksin tersebut. Apalagi jika wanita yang sedang hamil juga mendapatkan vaksin dengan melakukan penggabungan antara DPT. Ramuan semacam ini juga sudah dianjurkan sebelum hamil. Maka dari itu ada yang namanya Vaksin Pra-Nikah, guna untuk menjaga janin dari infeksi bakteri tetanus. Berikut juga deretan kaum yang tidak boleh menerima Vaksin Tetanus :

  • Menderita Epilepsi
  • Menderita gangguan sistem saraf
  • Memiliki riwayat nyeri hebat atau pembengkakan berat setelah pemberian vaksin tetanus (alergi)
  • Memiliki riwayat menderita sindrom Guillain Barre

Maka dari itu, jika anda sedang mengalami beberapa penyakit diatas, ada baiknya kalau menunggu setelah keadaan kesehatan anda membaik sebelum menerima Vaksin Tetanus tersebut.

Selain vaksin untuk tetanus, beberapa ilmuan juga telah menciptakan beberapa jenis vaksin untuk mencegah penyakit lainnya. Pada tahun 1796, Edward Jenner berhasil menemukan vaksin untuk penderita cacar air.

Selanjutnya pada tahun 1885, ada lagi seseorang yang bernama Louis Pasteur yang telah meracik vaksin untuk penderita rabies dan diiringi juga dengan melakukan penemuan vaksin untuk penyakit lainnya. Termasuk juga pada saat ini, Vaksin yang dikenal untuk mengobati penderita tetanus.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai betapa pentingnya vaksinasi tetanus untuk masyarakat. Ingat, penyakit sekecil apapun bisa berpotensi mematikan. Jadi jangan pernah anggap remeh terhadap suatu penyakit. Sebisa mungkin ketika anda sedang mengalami gejala suatu penyakit tertentu, segeralah periksakan ke dokter. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari. Mengertikan? Semoga saja artikel ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk anda.

Note : “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”

Kurang Teliti Memilih Madu Asli Dengan Madu Palsu? Inilah Bahayanya

Apa anda gemar mengkonsumsi madu? Nah pada saat membelinya, pernah nggak anda teliti madu itu? Kalau anda penggemar madu sudah sejak lama, pasti anda telah mengetahui manamadu asli dengan madu palsu. Hmm, tentu tidak semua orang mengetahuinya! Ya tetapi, di era perekonomian sulit seperti sekarang ini, banyak oknum nakal yang menjual madu oplosan demi mendapatkan keuntungan semata tanpa memikirkan bahaya dari apa yang telah diperbuatnya.

Selain masalah perekonomian, madu yang kian populer sejak berabad-abad lalu dimana dipercaya oleh masyarakat akan khasiatnya yang beragam terutama buat kesehatan; semakin membuat para pedagang madu dengan nekatnya meracik madu secara tak masuk akal, asalkan penting untung.

Oleh karena itu pula, bagi anda yang merasa kurang memahami atau Kurang Teliti Memlih Madu Asli Dengan Madu Palsu agar terhindar dari Bahaya ketika waktu mengkonsumsinya, ada baiknya anda mengikuti beberapa acuan dari saya. Hal ini demi kebaikan anda semua dengan dapat membedakan antara mana madu asli dan mana madu palsu. Cekidot…

Perbedaan Madu Asli Dengan Madu Palsu

Secara kasat mata, madu asli dengan madu palsu sulit untuk dibandingkan karena warnanya yang hampir mirip, sama-sama emas kecoklatan. Namun, berikut ini saya akan sedikit menjabarkan terkait perbedaan diantara kedua madu tersebut.

1) Dengan air

Mungkin anda juga sudah mengetahui ini bahwa madu murni merupakan cairan manis nan kental yang dihisap oleh lebah/tawon melalui nektar bunga. Oleh karena itu madu murni tidak mengandung air. Jadi untuk membedakan mana madu asli ataupun palsu, caranya cukup gampang kok!

Sediakan segelas air putih/mineral, lalu tuangkan madu satu sendok makan kedalamnya. Hasilnya tampak berbeda dimana Madu Asli yang kental akan tenggelam di bagian bawah gelas dan ketika diaduk terasa sulit untuk dapat larut, sedangkan Madu Palsu sebaliknya; yang mana madu akan menyerupai air (hanya beda warna saja) dan tidak mengental.

2) Menggunakan kertas

Langkah kedua untuk memastikan madu asli dan madu palsu yakni mengujinya dengan bahan kertas seperti kertas putih maupun koran. Hal ini untuk melihatkan madu palsu yang sudah dioplos dengan air dan gula. Caranya cukup mudah; sediakan selembar kertas, kemudian tuangkan sesendok teh madu diatasnya dan tunggu selama 3 menit. Lihat apa yang terjadi, madu pada kertas menetes, sobek atau tidak.

Kalau kertas meneteskan madu atau sobek, maka bisa dipastikan itu adalah madu palsu. Justru sebaliknya, madu asli yang kental kadar airnya hanya sedikit dan tidak sama sekali akan melukai permukaan kertas.

3) Pakai kuning telur

Mengetes madu dengan memakai kuning telur sebenarnya bukan 100% cara ampuh dalam menentukan asli atau palsu sebuah madu. Akan tetapi, cara ini pula yang paling dianggap sederhana dan mudah untuk melihatnya.

Untuk mendeteksi madu dengan menggunakan kuning telur, anda hanya perlu mencampur keduanya. Kuning telur yang telah dicampur madu akan terlihat matang dimana ini merupakan proses penggumpalan antara protein dengan asam pada dua bahan tersebut, dan itulah madu asli.

4) Tes kelengketan

Apabila ketiga langkah diatas kurang menyakinkan anda mana madu asli dan palsu, maka gunakan metode satu ini. Ambillah madu yang ingin anda tes keasliannya, tuangkan sedikit ke dalam gelas/cangkir, setelah itu celupkan jari-jari tangan anda, angkat sedikit keatas, tunggu beberapa menit.

Lihat hasilnya dimana madu asli bakal melelah perlahan namun terlihat erat, sementara madu palsu segera melelah dan menyisahkan sedikit kelengketan pada jari-jari tangan anda.

5) Coba pakai api

Kalau kedua objek tersebut dapat berapi dan tahan lebih lama maka itu madu asli. Sedangkan madu palsu kebalikannya yang mana api akan segera lenyap tanpa terserap ke bagian madu. Itu memperlihatkan bahwa madu asli sangat lembab dan madu palsu sudah dioplos dengan air.

6) Tes dengan semut

Kita semua juga pasti tahu bahwa semut merupakan sekelompok hewan bertubuh kecil yang menyukai rasa manis. Nah, untuk melakukan pengujian madu, semut tentu dapat menggambarkan asli atau tidaknya madu tersebut.

Meskipun madu asli itu manis, namun semut paling tidak suka lantaran adanya kandungan enzim dan begitu pula dengan aromanya yang khas. Tapi lain halnya dengan madu palsu dimana semut sangat menyukainya akibat kandungan gula yang amat tinggi. Oleh karena itu, semut-semut pasti bakal langsung menggerogoti setiap bagian isi madu sampai mereka mati.

7) Masukkan madu dalam kulkas

Selanjutnya, langkah yang terakhir untuk menentukan madu itu asli atau palsu yakni memasukkannya ke dalam lemari es/kulkas. Letakan madu yang anda beli pada kulkas selama beberapa jam, lebih baik tunggu hingga keesokan hari. Ya, apabila anda melihat madu yang selama penyimpanan tersebut tidak membeku, maka madu itu asli. Justru kalau membeku adalah palsu karena sudah terdapat campuran di dalamnya.

Nah, itulah sederet perbedaan madu yang sangat lazim dapat dinilai dengan pengecekan. Semoga anda sekarang bisa membedakan mana madu asli dan madu palsu sebelum membelinya untuk dikonsumsi. Yaps, saatnya kita masuk pada inti permasalahan dimana mengkonsumsi madu palsu dapat mengakibatkan dampak buruk bagi anda.

Bahaya Madu Palsu

Mengkonsumsi madu dalam jumlah yang cukup diyakini dapat bermanfaat untuk kesehatan seseorang. Selain itu, mengatasi masalah kecantikan juga bisa diterapkan dengan penggunaan madu alami. Namun tahukah anda jika salah memilih madu, maksudnya yang abal-abal, maka akan menimbulkan hal sebaliknya. Berikut bahaya dari madu palsu:

  • Madu palsu pada umumnya dicampur dengan gula yang mana untuk meningkatkan rasa manis. Ya, jika anda mengkonsumsinya secara terus-menerus maka juga bisa meningkatkan resiko penyakit kayak diabetes dan kelebihan berat badan (obesitas) dimana telah kita ketahui penyakit tersebut bisa sangat mematikan seseorang.
  • Selain gula, madu palsu juga sering dioplos dengan beberapa bahan perasa serta pemanis buatan. Dengan demikian penggabungan antara pemanis buatan dan perasa pada madu itu akan menimbulkan kemungkinan penyakit ginjal, diabetes tipe 2 dan lebih membahayakannya lagi penyakit kanker.
  • Pembuat madu palsu tentu hanya memikirkan keuntungannya saja tanpa memikirkan diri orang lain yang mengkonsumsinya. Sering sekali madu palsu diolah dan diproses dengan cara yang tidak higienis sehingga dapat menyebabkan terkontaminasinya berbagai bakteri jahat ke dalam tubuh seseorang yang bakal berefek buruk pada sistem pencernaan. Tidak hanya itu, kemungkinan terkena alergi dan gatal-gatal bisa saja terjadi ketika hendak mengkonsumsi madu tersebut maupun menggunakannya sebagai bahan masker wajah, pemutih kulit, dll.
  • Madu palsu juga sering ditambahkan zat pewarna dan pengawet tidak alami. Sejatinya, sudah banyak jenis pewarna dan pengawet yang memang diperbolehkan buat makanan atau minuman, serta mengantongi izin edar dari BPOM. Namun, untuk membeli bahan tersebut pastinya tidaklah murah dan bahkan membuat tipis keuntungan si penjual madu oplosan. Dikarenakan itulah, banyak pedagang madu yang mengoplosnya dengan pengawet serta pewarna tidak alami dimana jika madu dikonsumsi secara rutin, maka efek kanker dan juga penyakit hati maupun jantung akan terjadi.

Ya, itulah sedikit penyampaian saya terkait bahaya memakai madu palsu. Selanjutnya saya akan membahas beberapa efek negatif ketika mengkonsumsi madu secara berlebihan.

Efek Samping Mengkonsumsi Madu Secara Berlebihan

Walaupun madu dipercaya memiliki banyak manfaat, namun kalau kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan. Tentu kita sudah tahu bahwa melakukan suatu hal yang berlebihan bakal menimbulkan masalah bukan kebaikan. Nah, sama halnya ketika anda sering banget mengkonsumi madu dengan takaran yang melebihi.

Dalam sejumlah penelitian oleh para ahli kesehatan menyebutkan bahwa madu boleh saja dikonsumsi asalkan sesuai anjuran, bukanlah melebihi dosis yang telah ditetapkan, apabila demikian efek samping akan timbul meski tidak terlalu parah namun menyakitkan tubuh.

Berikut ini saya akan menyampaikan berbagai efek samping mengkonsumsi madu secara berlebihan, seperti dilansir dari sejumlah sumber:

  • Efek jangka pendek yang akan timbul akibat mengkonsumsi madu secara berlebihan adalah menyebabkan masalah lambung, seperti kram perut, kembung, dan diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan fruktosa pada madu yang akan menyebabkan terganggunya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi sehingga dapat mengakibatkan nyeri perut yang berkelanjutan.
  • Sedangkan apabila anda mengkonsumsi madu berlebihan untuk jangka panjang maka efeknya akan mempengaruhi saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang terganggu, bakal sangat menurunkan kemampuan usus dalam menyerap nutrisi yang akan terjadi secara permanen. Bukan hanya itu saja, sistem insulin pada tubuh juga akan terpengaruh dimana bisa menyebabkan kadar gula darah jadi meningkat.
  • Selain kedua hal diatas, madu yang diketahui mengandung spora botulism itu jika secara teratur diberikan kepada seorang bayi akan berefek negatif. Sebabnya, jenis bakteria yang terkandung tersebut amat mengganggu pencernaan bayi yang belum sempurna, hal ini justru membuatnya keracunan botulism. Lalu, bagaimanakah tanda dan gejala keracunan botulism? Tanda dan gejalanya seperti bayi sering sembelit, badan lemah, lesu, serta turunnya nafsu makan/mimik susu. Bahkan, jika botulism tidak segera ditangani dokter atau ahli dan terjadi dalam kurun waktu panjang dapat menimbulkan kelumpuhan di sistem persarafan yang bakal berujung kematian. Oleh karena alasan inilah, banyak dokter spesialis anak yang tidak merekomendasikan madu buat dikonsumsi bayi di bawah 12 bulan.

Dengan demikian, anda diharapkan dapat lebih bijak sebelum menggunakan madu untuk khasiat yang bermanfaat.

Cara Pemakaian Madu Yang Baik

Madu yang kita kenal baik untuk kesehatan namun juga memiliki efek samping ketika dikonsumsi secara berlebihan serta terjual bebas di pasaran dengan label palsu, ada baiknya anda mengikuti sejumlah tips cara pemakaian madu yang baik dan benar dari saya dibawah ini:

  • Sebelum mengkonsumsi madu, pastikan bahwa madu yang akan anda minum adalah madu asli karena saat ini banyak sekali beredar madu-madu aspal (asli tapi palsu). Oleh karena itu, pergunakan metode perbedaan antara madu asli dengan madu palsu yang telah saya sebutkan sebelumnya (diatas) atau anda juga bisa membelinya di toko herbal langganan terpercaya.
  • Konsumsi madu dua kali sehari. Pagi hari sebelum sarapan dan malam hari menjelang tidur. Madu yang dikonsumsi pada pagi hari dapat mencegah seseorang dari penyakit maag, karena madu dapat melapisi dinding lambung sehingga kita tidak terkena maag. Sedangkan malam hari, baik untuk menjaga kepadatan dan perkembangan tulang. Anda dapat mengkonsumsinya (mentah tanpa tambahan apapun) sebanyak 2-5 sendok makan perhari, serta sebaiknya gunakan sendok plastik atau kayu, bukan berbahan logam lantaran sendok dengan bahan logam dapat merusak unsur-unsur penting pada madu sehingga mengurangi kualitas madu itu sendiri.
  • Minum madu jangan terburu-terburu, duduk tenang dan tenggak perlahan.
  • Jika anda ingin mencampurnya dengan air maka pergunakanlah air hangat, bukan panas ataupun dingin. Karena, air yang terlalu panas atau dingin bisa merusak kandungan enzim dalam madu, secara otomatis kualitas madu juga bakal menghilang sedikit demi sedikit. Kemudian aduk madu berlawanan sesuai arah jarum jam atau searah dengan orang thawaf ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh. Karena arah tersebut, Insya Allah lebih baik dan menghasilkan energi positif bagi madu, sehingga khasiat madu akan lebih terasa bagi tubuh.
  • Berdoa (sesuai agama masing-masing, dan tujuan apa) lebih dulu sebelum meminum madu, sehingga terasa berkah dan khasiatnya mujur.

Demikianlah penyampaian saya terkait berbagai faktor dalam mengkonsumsi madu. Dari keseluruhan: saya mencatatkan agar anda bisa lebih teliti melihat madu asli dan madu palsu sebelum membelinya. Ingat, madu palsu sangat berbahaya untuk anda konsumsi, serta sebaliknya mengkonsumsi madu secara berlebihan juga berefek negatif, biarpun itu asli. Oleh karena itu, ikuti cara pemakaian madu yang baik dan benar ya, agar lebih bermanfaat!

Semoga informasi ini dapat membantu anda semua dalam mengkonsumsi madu dengan cara yang bijak tentunya, terima kasih..

Ingin Menjaga Kesehatan Mata? Ikuti Beberapa Langkah Praktis Ini

Sebagai seorang manusia yang hidup di dunia ini, tentu kita sangat memerlukan adanya kesehatan mata yang baik. Kita semua juga sudah tahu, betapa pentingnya organ satu ini di dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita.

Mata adalah suatu organ yang paling vital diantara sebagian banyak dari anggota tubuh yang kita miliki. Salah satu fungsi nyata dari organ tersebut yakni sebagai indera penglihat, yang mana memungkingkan diri kita untuk melihat sekaligus menyaksikan apapun yang berada di sekitar kita.

Dengan demikian, tentu kita sangat dituntut untuk dapat selalu menjaga kesehatan mata secara benar dan baik, agar fungsi utamanya tersebut tidak terganggu atau bermasalah, dimana bila hal itu terjadi akan berdampak amat buruk untuk kita.

Bagian Organ Mata

Organ mata manusia mempunyai dua bagian yaitu luar dan dalam. Setiap bagian itu, tentunya memiliki masing-masing komponen yang hampir secara bersamaan saling bergantungan untuk dapat memfungsikan penglihatan dengan baik.

1. Organ Luar

Dalam hal ini, organ luar mata mencakup tiga komponen diantaranya:

  • Alis Mata ialah rambut atau bulu yang berada di bagian terluar dan diatas dari organ mata. Komponen ini dapat berguna sebagai penahan kucuran air keringat agar tidak masuk ke dalam bola mata.
  • Bulu Mata merupakan helaian rambut yang terdapat di sisi bawah alis mata. Secara kegunaan, helaian rambut itu dapat melindungi organ mata dari paparan debu, keringat sekaligus melakukan penyaringan terhadap cahaya luar.
  • Kelopak Mata adalah bagian luar dari mata berupa kulit yang lunak, dengan fungsi untuk menutupi dan melindungi organ penglihatan. Kelopak tersebut amat perlu dijaga, apabila tidak maka penyakit semacam ptosis atau kelopak mata bergantung bisa menyerang kapan saja, dan menjadi lebih mirisnya lagi harus dilakukan bedah operasi dalam memulihkan kinerjanya.

2. Organ Dalam

Ada lima bagian penting pada organ dalam mata manusia, seperti:

  • Kornea, ini merupakan bagian depan mata yang sensitif terhadap cahaya dimana mempunyai fungsi untuk memfokuskan bayangan pada retina mata. Organ ini tidak memiliki pembuluh darah, dan apabila tersentuh maka akan secara refleks kelopak mata menutup.
  • Sklera, ini adalah bagian dinding dalam mata berwarna putih yang memiliki rata-rata ketebalan 1-3 mm, serta berserat, tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen. Sklera lebih dikenal dengan sebutan selaput keras atau selaput putih.
  • Pupil atau selaput pelangi/iris, ialah bagian bola mata berbentuk bulat dengan batasan sklera. Organ ini mempunyai fungsi untuk menentukan kuantitas cahaya yang akan masuk ke bagian mata lebih dalam.
  • Lensa Mata, yaitu bagian dalam mata yang berguna untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk dimana akan diteruskan pada retina, dan apabila lensa tersebut melihat sebuah objek dengan titik yang jauh maka dapat menipis.
  • Retina, yakni salah satu bagian mata yang juga sangat peka akan paparan cahaya dimana bakal mempengaruhi saraf optik.
  • Saraf Optik, adalah susunan saraf berbentuk kerucut pada retina yang berguna untuk menyalurkan informasi penglihatan ke otak.

Penyakit Mata

Pada sistem mata, ada beberapa jenis penyakit yang mungkin saja bisa terjadi apabila kita tidak rajin untuk menjaga kesehatan mata secara baik dan optimal.

  • Rabun Senja merupakan salah satu penyakit mata yang sangat umum menimpa diri seseorang jika kekurangan asupan vitamin A. Dalam hal ini, biasanya si penderita akan tidak mampu atau sedikit buram penglihatannnya saat waktu sore hari.
  • Buta Warna dimana adalah suatu kondisi seseorang yang nggak mampu membandingkan keseluruhan warna yang ada di hadapannnya. Ini bisa terjadi karena faktor gen yang secara turun-temurun akan mempengaruhi generasi berikutnya (anak). Sebenarnya, terdapat dua macam buta warna yaitu Buta Warna Total yang hanya dapat melihat dan membedakan tiga warna saja seperti hitam, abu-abu dan putih. Sementara itu yang dimaksud dengan Buta Warna Parsial ialah seseorang yan tidak bisa membedakan warna-warna tertentu.
  • Katarak, suatu gangguan mata yang sering menimpa orang-orang lanjut usia (lansia), dimana pada lensa matanya akan tampak seperti biji atau bulatan putih, dan jika ini terjadi maka penglihatan terasa jadi buram akibat penebalan.
  • Miopi, sebuah penyakit mata yang mengganggu jarak pandang seseorang ketika berada di jarak jauh untuk melihat sesuatu objek yang ingin dilihatnya.
  • Presbiopi, kalau satu ini merupakan gangguan mata yang secara bersamaan tak dapat melihat dengan jelas suatu objek, baik itu berjarak dekat ataupun jauh.
  • Hipermetropi, penglihatan seseorang yang bermasalah saat melihat suatu benda berjarak dekat.
  • Kebutaan, seseorang yang sama sekali tidak bisa melihat apapun yang berada di sekitarnya. Hal ini dapat timbul lantaran adanya sebuah kecelakaan yang mengenai organ matanya, atau kemungkinan dari beberapa penyakit mata yang telah disebutkan diatas, serta juga tidak jarang karena kelahiran bayi yang bersifat prematur.
  • Astigmatis, ketidakstabilan penglihatan pada permukaan bias mata berupa lengkungan yang bisa mengakibatkan tidak terfokusnya cahaya di satu titik retina berwarna kuning.

Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Mata

Jelas semua orang menginginkan jika organ matanya bisa dapat terhindar dari berbagai penyakit atau masalah lainnya, benar bukan? Nah, untuk itu, saya akan memberikan beberapa langkah praktis yang dapat anda lakukan untuk selalu menjaga sehat mata anda. Silahkan lihat dan baca dibawah ini:

1. Mengkonsumsi Sayuran

Ada banyak sekali jenis sayuran yang cocok untuk anda konsumsi dalam menjaga sehat mata, seperti diantaranya wortel, bayam, selada, tomat, brokoli,kol, jagung, kemangi dan lain sebagainya. Setiap jenis sayuran tersebut, dipercaya akan kaya kandungannya yang mampu menjaga kesehatan mata anda secara optimal.

2. Mengkonsumsi Buahan dan Perbanyak Minum Air Putih

Selain mengkonsumsi sayuran, anda juga dapat menikmati beragam jenis buahan sekaligus memperbanyak minuman air putih dalam sehari-hari. Hal ini juga diyakini bisa membantu anda untuk menghindari beberapa penyakit pada organ mata.

Sangat dianjurkan kepada anda untuk mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas per harinya. Dan adapun buah-buahan yang bisa anda nikmati dalam hal ini misalnya jeruk, tomat, alpukat, apel, serta stroberi lantaran dari banyak macam buahan tersebut memiliki kandungan kayak vitamin C-A-B6-E, dan nutrisi yang amat baik untuk menjaga mata anda.

3. Memeriksa Mata

Melakukan pemeriksaan mata secara berkala juga sangat disarankan kepada anda. Dalam hal ini, anda bisa memeriksa mata ke dokter spesialis untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada organ anda itu, tidak peduli anda berusia muda maupun tua. Kalau bisa lakukan pemeriksaan mata 1-2 tahun sekali agar penglihatan anda tetap terjaga dan terlindungi. Jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesial yang anda datangi, oke…

4. Hindari Tatapan Dengan Cahaya Perusak Mata

Maksudnya disini adalah melihat secara langsung beberapa paparan cahaya yang bisa merusak organ mata, seperti misalnya sinar matahari, layar komputer, dan telivisi. Nah, anda jangan salah paham dulu dengan pernyataan saya ini. Bukan anda tidak dibolehkan untuk melakukannya, namun sebaiknya gunakanlah alat pelindung mata kayak kaca mata hitam, atau kaca mata yang bisa membantu penglihatan.

Sebagai catatan, bila anda merupakan pekerja kantoran yang harus berhadapan di layar komputer, maka sebisa mungkin untuk selalu mengistirahatkan mata selama 15 menit per 2 jamnya, dan jangan lupa sering mengedipkan mata bila sudah terasa kering.

5. Hindari Rokok

Merokok tidak hanya mengundang penyakit terhadap kesehatan tubuh saja, melainkan juga bisa berdampak buruk pada resiko katarak, degenerasi makula, merusak retina dan sarap optik dimana dapat berujung fatal dengan timbulnya kebutaan mata.

Jadi, alangkah baiknya anda yang sangat gemar merokok untuk sebisa mungkin menghindarinya dari sekarang, itu pun kalau anda sayang akan kesehatan tubuh dan mata anda. Serta buat anda juga yang tidak merokok sebaiknya menghindari cemaran udara atau asap dari para perokok yang berada di sekitar dengan penggunaan masker.

6. Berolahraga

Semua orang juga sudah mengetahui kalau berolahraga adalah salah satu cara untuk dapat hidup sehat. Sehat yang diartikan ternyata tidak hanya sehat pada tubuh saja, namun juga organ lainnya seperti mata. Dalam hal ini, anda bukanlah dianjurkan untuk menekuni setiap olahraga yang diinginkan dengan cara berlebihan, tetapi masih dalam jangkauan anda, jadi nggak perlu terlalu keras melakukannya.

Cukup 20-30 menit sehari untuk sesi waktu pagi dan sore hari, maka anda dapat selalu terlihat benar-benar fit dan prima kesehatan tubuh serta organ mata anda. Coba deh anda buktiin sendiri…

7. Nggak Memakai Terlalu Lama Lensa Kontak

Percaya atau tidak, apabila anda menggunakan lensa kontak sesering mungkin selama waktu lebih dari 19 jam per harinya, maka itu dapat mengganggu dan bahkan bisa merusak mata secara permanen. Bukan melarang anda menggunakannya, namun bijak lah dalam melakukan hal tersebut adalah suatu langkah amat tepat anda perbuat demi menghindari apa yang tidak anda kehendaki perihal organ mata.

8. Ganti Makeup Lama Dengan Yang Baru

Nah, ini paling sering dilakukan oleh seorang wanita yang ingin berdandan cantik ala selebritis, agar terlihat catar membanaha katanya, hehehe… Adakalanya jika anda menyukai dandanan, terutama pada bagian mata untuk selalu mengganti setiap kali pemakaian alat-alat makeup anda. Mengapa? Yah, itu karena pada riasan mata berupa cairan atau krim yang sudah lama, bisa mendatangkan banyak bakteri dimana bakal berkembang biak disana.

Tentu kita tahu kalau bakteri adalah kuman atau kotoran jahat yang amat tidak penting dimiliki/dipelihara. Dengan sebab itu pula, anda semestinya harus pintar untuk menyimpan dan mempergunakan setiap makeup kepunyaan anda, serta satu lagi, kalau bisa jangan pernah memakai dan meminjam makeup miliki orang lain lantaran bisa saja itu telah terindikasi bakteri. Ketika ingin atau sesudah menggunakan makeup, diupayahkan untuk selalu mencuci tangan demi kesterilan.

9. Penerangan Yang Stabil

Hal ini sangat penting bagi anda yang suka membaca atau menulis dalam keadaan cahaya redup. Dengan kondisi seperti ini, dan terlebih lagi sering diterapkan, siap-siap lah untuk kerusakan mata yang akan menghinggapi anda. Kondisi ini hanya dapat mengakibatkan ketegangan mata, dan tentunya bakal sangat fatal bila nggak segera dihindari.

Ada baiknya, jika anda ingin membuat beberapa hal tersebut, untuk menerapkan penstabilan cahaya yang cukup tepat dan anda merasa nyaman dengan semua itu. Sebagai catatan, bila mata sudah terasa lelah, jangan dipaksakan, cobalah berhenti sejenak untuk beristirahat.

Yah, itulah sedikit penyampaian saya perihal artikel Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Mata. Dari keseluruhan, mata menjadi sebuah organ yang amat vital dan memerlukan perhatian khusus demi menghindari ketidakinginan penyakit atau beberapa gangguan di mata.

Oleh karenanya, mencari tahu solusi menangani hal seperti tersebut, tidak ada salahnya bukan anda menerapkan cara yang saya perbuat pada artikel diatas? Terima kasih dan semoga bermanfaat…

Buta Warna, Penyebab Dan Jenis Serta Pengobatannya

Buta warna artinya seseorang kesulitan dalam membedakan warna merah, hijau, atau biru atau campuran dari warna-warna tersebut. Mata tidak akan melihat warna seperti biasanya jika ada masalah dengan pigmen pada reseptor warna. Jika salah satu pigmen hilang, maka mata akan memiliki masalah melihat warna tertentu. Namun pada kondisi buta warna total, tidak ada warna yang dapat dilihat sama sekali dan hal ini sangat jarang terjadi.

Penderita buta warna mungkin hanya bisa melihat beberapa gradasi warna, sementara sebagian besar orang dapat melihat ratusan warna. Sebagai contoh, ada penderita buta warna tidak dapat membedakan antara warna merah dan hijau, namun bisa melihat warna biru dan kuning dengan mudah. Beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa dirinya mengalami buta warna hingga mereka menjalani tes penglihatan warna. Nah, untuk itu ada baiknya jika kita mengetahui penyebab dari buta warna.

Penyebab Buta Warna

Dalam banyak kasus, buta warna merupakan faktor genetika dari orang tua, namun bisa saja terjadi akibat efek samping dari sebuah pengobatan atau gangguan kesehatan yang telah ada sebelumnya. Penyebab buta warna secara umum ialah dikarenakan terganggunya pigmen yang menghasilkan tampilan berwarna pada mata atau dengan kata lain terdapat adanya kelainan atau kerusakan pada sel kerucut di dalam retina.

Sehingga syaraf reseptor cahaya di retina mata tidak mampu menangkap spektrum warna tertentu. Ada beberapa penyebab seseorang mengalami buta warna, di antaranya adalah:

1Faktor genetika

Kebanyakan penderita buta warna mengalaminya sejak lahir dan merupakan faktor genetika yang diturunkan oleh orang tua. Penderita buta warna akibat faktor genetika jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Penderita buta warna akibat faktor genetik juga jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, walau terkadang kondisi ini dapat melewati satu generasi. Anak perempuan dipastikan mengidap buta warna jika kedua orang tua adalah pembawa gen buta warna.

2. Faktor usia

Kemampuan seseorang dalam membedakan warna perlahan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Ini adalah hal alami dalam rangkaian proses penuaan dan tidak perlu disikapi secara berlebihan. Efek samping bahan kimia. Seseorang yang menjadi buta warna akibat bahan kimia beracun, misalnya akibat karbon disulfida dan pupuk.

3Faktor penyakit

Ada sejumlah penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi buta warna, seperti penyakit Alzheimer, glaukoma, neuritis optik, leukemia, diabetes, kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebih, macular degeneration dan anemia sel sabit.

4Bahan Kimia

Seseorang bisa mengalami buta warna jika terpapar bahan kimia beracun misalnya di tempat kerja, seperti karbon disulfida dan pupuk.

5. Efek samping pengobatan tertentu

Beberapa pengobatan berpotensi menyebabkan buta warna, seperti diogxin, pheytoin, chloroquine dan sildenafil yang juga dikenal sebagai Viagra. Jika gangguan disebabkan oleh pengobatan, biasanya pandangan akan kembali normal setelah berhenti mengkonsumsi obat.

Jenis-jenis Buta Warna

Gen buta warna sendiri dibawa oleh kromosom X. Untuk perempuan memiliki 2 kromosom X (XX) sedangkan laki-laki hanya memiliki 1 kromosom X (XY). Karena laki-laki hanya memiliki satu kromosom X, akibatnya penderita buta warna didominasi oleh laki-laki.

Secara umum buta warna dibedakan menjadi 2 jenis yaitu buta warna total dan buta warna parsial. Tetapi jika dilihat dari faktor penyebabnya, buta warna dapat dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut jenis-jenis buta warna;

1. Buta Warna Hijau-Merah

Buta warna hijau merah atau red-green color blindness merupakan jenis buta warna yang paling sering ditemukan. Kondisi ini disebabkan oleh hilangnya atau keterbatasan fungsi dari sel kerucut merah (protan) atau hijau (deutran).

Buta warna merah-hijau ada beberapa jenis, yaitu:

  • Protanomali, adalah kelainan yang terjadi pada pigmen gelombang panjang (merah), sehingga mengakibatkan rendahnya sensitifitas pada warna merah hingga jingga.
  • Protanopia, adalah kelainan yang disebabkan tidak adanya sel kerucut merah sehingga penderitanya akan melihat warna merah sebagai warna hitam.
  • Deuteranomali, merupakan kondisi dimana pengidapnya sulit membedakan warna biru dan ungu, sedangkan warna kuning dan hijau akan terlihat merah. Hal ini disebabkan oleh tidak normalnya fotopigmen biru.
  • Deuteranopis, gangguan terhadap warna yang disebabkan tidak adanya sel kerucut hijau. Pengidapnya akan melihat warna merah sebagai kuning kecoklatan dan hijau sebagai krem.

2. Buta Warna Biru–Kuning

Jenis buta warna biru-kuning lebih jarang terjadi daripada buta warna merah-hijau. Penyebabnya adalah tiadanya atau terbatasnya fungsi fotopigmen biru (tritan). Jenis ini dibedakan menjadi Tritanomali dan Tritanopia;

  • Tritanomali, disebabkan oleh lemahnya sel kerucut-S, menurunkan kemampuan untuk membedakan warna biru dan kuning.
  • Tritanopia, jenis ini sangat jarang terjadi atau bisa dikatakan jenis langka, disebabkan oleh hilangnya sel kerucut-S. Jenis ini menghilangkan kemampuan untuk membedakan warna biru dengan hijau dan warna ungu muda dengan kuning.

3. Buta Warna Total

Hanya warna hitam dan putih yang dapat diterima. Dalam kasus yang jarang terjadi, penderita buta warna total sama sekali tidak dapat melihat warna. Ini terjadi karena penderita hanya memiliki satu pigmen kerucut atau memiliki sel kerucut lengkap namun tidak ada yang berfungsi. Jenis buta warna monokromasi ini dibedakan menjadi dua:

  • Monokromasi kerucut: Jenis buta warna ini terjadi akibat kegagalan fungsi dari 2 jenis sel kerucut. Untuk dapat melihat warna, diperlukan minimal 2 jenis sel kerucut agar otak dapat membandingkan 2 macam sinyal yang berbeda. Jika hanya 1 jenis sel kerucut yang bekerja maka proses pembandingan tersebut tidak berjalan sehingga warna tidak terlihat. Terdapat 3 jenis monokromasi tergantung sel kerucut yang masih bekerja, yaitu monokromasi sel kerucut merah, monokromasi sel kerucut hijau dan monokromasi sel kerucut biru.
  • Monokromasi batang: Ini adalah jenis buta warna yang paling jarang dan paling berat. Pada buta warna ini, tidak terdapat sel kerucut sama sekali. Hanya terdapat sel batang yang bekerja sehingga dunia benar-benar terlihat sebagai hitam putih dan abu-abu. Pasien dengan monokromasi batang cenderung tidak nyaman ketika berada di lingkungan bercahaya terang.

Banyak pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk memeriksa buta warna, namun yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tes Ishihara. Sebuah buku yang berisi gambar-gambar dan angka-angka tertentu akan diperlihatkan kepada pasien dan pasien akan diminta untuk membaca angka-angka yang ada dalam gambar tersebut.

Akan tetapi, tes buta warna yang dikembangkan oleh seorang dokter asal Jepang bernama dr. Shinobu Ishihara ini hanya dapat digunakan untuk pemeriksaan buta warna hijau merah.

Fakta Buta Warna

Ada banyak sekali fakta unik tentang buta warna yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut adalah fakta menarik yang harus anda ketahui.

1. Ketika memanggang sepotong daging, orang yang memiliki defisiensi warna merah tidak dapat mengetahui apakah daging itu mentah atau sudah matang. Selain itu, banyak juga yang tidak dapat membedakan antara tomat hijau dan tomat merah atau antara kecap dan sirup coklat. Ada juga orang yang membeli dan menggigit pisang mentah, karena mereka tidak dapat mengetahui jika itu adalah warna kuning atau hijau dan bahkan bahan alami membuatnya lebih sulit untuk membedakan warna.

2. Beberapa makanan mungkin terlihat menjijikan untuk individu yang buta warna. Misalnya, sepiring penuh bayam akan terlihat sebagai kotoran sapi.

3. Namun, mereka dapat membedakan buah jeruk dan lemon, karena buah jeruk terlihat memiliki warna kuning yang lebih terang dibandingkan dengan lemon.

4. Seseorang yang buta warna umumnya tidak bisa menafsirkan perlengkapan pengujian kimia untuk air kolam renang, strip tes untuk air keras, tanah, atau pH air, karena mereka bergantung pada perbedaan warna halus.

5. Mereka juga akan kebingungan untuk melihat dwi-warna dan tri-warna pada LED (Light Emitting Diodes), apakah lampu yang menyala merah, kuning, atau hijau? Masalah yang sama juga terjadi dengan lampu lalu lintas.

6. Pada saat Perang Dunia II, tentara-tentara buta warna dianggap memiliki keuntungan karena mampu melihat tentara musuh di sela-sela pohon hijau sehingga mampu membedakan kamu flase dengan sangat mudah. Namun sayangnya, sekarang tentara tak boleh buta warna.

Gangguan penglihatan warna ini dapat memberikan dampak yang besar dalam hidup seseorang, penting untuk mengenalinya sejak usia dini. Pada anak-anak, gangguan penglihatan warna ini dapat mempengaruhi kemampuan belajar dan membaca.

Serta dapat membatasi pilihan karir di masa depannya nanti. Para ahli menyarankan pemeriksaan penglihatan pada anak usia antara 3-5 tahun.Pemeriksaan ini dianjurkan dilakukan sebelum anak memasuki usia sekolah.

Pengobatan Buta Warna

Banyak penderita buta warna belajar beradaptasi dan menemukan cara untuk mengatasi masalah membedakan warna. Sampai saat ini belum ada obat atau metode untuk mengobati buta warna. Gejala buta warna dapat dikurangi dengan menggunakan pengobatan alternatif atau perawatan kondisi yang mendasar jika buta warna yang diderita diakibatkan oleh pengobatan tertentu atau gangguan kesehatan yang telah ada sebelumnya. Berikut cara mengobati buta warna:

1. Memakai Pepaya

Buah pepaya yang dagingnya berwarna oranye kemerahan ini memang menjadi buah yang paling diandalkan ketika seseorang mengalami sulit buang air besar atau sembelit. Menjadi makanan yang mengandung serat tinggi, ada banyak keuntungan bagi yang mengalami gangguan pencernaan.

Hanya saja, makan pepaya juga ternyata sangat baik untuk para penderita buta warna. Ini karena pepaya sendiri adalah sumber makanan yang mengandung vitamin A dan C tinggi. Ketika Anda mencoba untuk mengonsumsinya secara rutin, maka ada kemungkinan untuk membantu supaya buta warna dapat terobati tanpa efek samping berbahaya.

2. Menggunakan Belimbing

Buah yang sangat kaya akan vitamin dan mineral ini sangat bagus untuk kesehatan karena menjadi salah satu buah yang mengandung Vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita tahu makanan dengan kandungan Vitamin C jika dikonsumsi secara rutin dengan kadar yang baik maka bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu manfaat dari buah belimbing juga dirasakan oleh para penderita buta warna. Untuk buta warna parsial penderitanya bisa mulai dengan mengkonsumsi buah belimbing setiap hari 1-2 buah saja per harinya secara rutin. Tak ada salahnya dicoba karena buah ini pun bisa memberikan khasiat lain yang begitu besar untuk kesehatan tubuh anda.

3. Menggunakan Buah Naga

Satu lagi cara alami yang jelas bisa Anda praktikkan ketika memang terganggu dengan kondisi buta warna yang sedang dialami. Konsumsilah buah naga setiap hari secara teratur supaya kesehatan mata dapat selalu terjaga. Buah naga tak hanya bagus untuk kesehatan organ dalam tubuh kita.

Buah naga adalah jenis buah yang juga mampu menurunkan risiko keparahan buta warna dan segala bentuk kondisi gangguan penglihatan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau dibuat sup buah tergantung dari selera. Tak ada salahnya mencoba cara alami ini karena ada banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah naga ini bagi tubuh Anda.

4. Mengkonsumsi Susu Sapi

Pengobatan lainnya yang bisa anda lakukan secara alami dirumah adalah dengan menggunakan susu sapi. Khasiat susu sapi murni sendiri sangatlah tinggi untuk kesehatan tubuh maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsinya khususnya sebagai obat bagi orang yang menderita buta warna. Memang tak banyak yang tahu bahwa susu sapi pun sangat berkhasiat untuk mata.

Jenis makanan yang mengandung kalsium yang tinggi ini memang lebih banyak dikonsumsi supaya tubuh tetap sehat dan tulang tercegah dari penyakit osteoporosis. Tidak hanya untuk kesehatan tulang, anda juga bisa menggunakan susu sapi untuk mengobati gangguan penglihatan terhadap warna. Karena aman dan tidak akan menimbulkan efek samping anda bisa mulai mengkonsumsinya secara rutin.

5. Menggunakan Wortel

Wortel seperti kita tahu adalah sumber makanan yang mengandung betakaroten dan vitamin A tinggi. Jenis sayur satu ini bisa dibuat masakan sayur atau juga minuman jus sesuai dengan selera dari masing-masing orang. Memang benar bahwa buta warna merupakan kelainan dan penyakit bawaan, tapi tak salah untuk mencoba metode terapi buta warna alami ini.

Karena bahan yang digunakan jelas sangat alami dan tak berbahaya sekaligus bernutrisi, maka Anda bisa mengonsumsinya tak hanya sekadar untuk kesehatan mata. Wortel juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, jadi tak masalah mengonsumsinya rutin agar tak mengalami akibat kekurangan vitamin A.

Guys, tak ada salahnya bukan untuk melakukan beberapa cara yang dianjurkan diatas? Cobalah berbagai cara mengobati buta warna tersebut karena tidak ada salahnya mencoba karena siapa tahu menjadi solusi efektif bagi Anda. Konsultasikan dengan dokter untuk solusi yang lebih tepat bila memang cara-cara ini tak dapat membantu Anda. Untuk itu demikianlah pembahasan mengenain Buta Warna.

Dianggap Tak Masuk Akal, Ilmuwan Ungkap Rahasia Dibalik Gerakan Anti-Gravitasi Michael Jackson

Saat mendengar nama Michael Jackson, apa yang pertama kali terlintas di dalam benak anda? Hal apa yang begitu tertancap dalam pikiran anda tentang dirinya? Lagunya kah? atau sosoknya kah? atau mungkin tarian uniknya? Jawaban anda tentu akan berbeda-beda satu sama lain.

Pria yang dikenal sebagai ‘king of pop’ ini adalah sosok yang memiliki banyak bakat luar biasa. Dia tak hanya memiliki suara yang merdu dengan penghayatan lagu yang akan selalu membuat anda merinding setiap kali mendengarnya bernyanyi, tapi kemampuan menarinya pun juga tak ada duanya.

Dia adalah penyanyi yang memiliki paket komplit sebagai megastar. Tak heran jika Ia memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia. Bahkan setelah kematiannya beberapa tahun yang lalu, karya-karyanya masih saja tetap hidup dan masih dinyanyikan oleh banyak orang, baik oleh penyanyi-penyanyi profesional ataupun masyarakat biasa.

Tak hanya karyanya saja yang masih terkenang sampai dengan saat ini, berbagai mitos tentang dirinya pun sampai sekarang masih berkembang dan diperdebatkan oleh sebagian orang. Berbagai spekulasi dari masyarakat pun terus bermunculan tanpa henti.

Uniknya lagi, ternyata bukan masyarakat awam saja yang merasa tertarik dan selalu membicarakan tentang dirinya, melainkan juga beberapa ahli atau ilmuwan.

Hah? Ahli atau ilmuwan pun sampai ikut-ikutan? Kok bisa ya? Kira-kira hal apa ya yang ingin dicari tahu dan ingin diberitahu oleh para ilmuwan ini pada masyarakat terkait tentang dirinya? Adakah sesuatu yang aneh atau janggal yang mereka temukan dari penyanyi legendaris ini? Anda pasti penasarankan?

Tenang saja dan tidak usah grasa-grusu, karena kami akan segera memberikan jawabannya pada anda. Berikut ini adalah penjelasannya.

Ilmuwan Melakukan Penelitian Pada Tarian Michael Jackson

Pada umumnya, kebanyakan ilmuwan lebih cenderung mencari tahu atau meneliti hal-hal yang berhubungan dengan science atau ilmu pengetahuan. Tapi sepertinya rasa penasaran mereka tak terbatas pada satu ruang lingkup saja. Buktinya, sampai tarian pun ingin diteliti oleh mereka.

Salah satunya adalah tarian yang dimiliki oleh penyanyi legendaris dunia yang bernama Michael Jackson.

Apakah ada yang salah dengan tarian raja pop dunia ini, sehingga para ilmuwan harus menelitinya? Kalau memang ada, keanehan seperti apa yang berhasil ditemukan oleh mereka?

Dan pertanyaan terakhir, dari sekian banyaknya jenis tarian yang dimiliki oleh sang megastar ini, tarian manakah yang membuat mereka merasa sangat penasaran? Kita akan segera mengetahuinya sebentar lagi.

Layaknya seorang pahlawan sejati, kehidupan masa lalu pria berbakat ini memang selalu dibumbuhi dengan banyak cerita. Mulai dari kisah kehidupan kesehariannya, prestasi yang berhasil diperolehnya, kemampuan bernyanyinya yang begitu apik, sampai dengan tariannya yang bisa dibilang sangat unik dan banyak ditiru oleh orang lain.

Kalau anda sendiri bagaimana? Bagian mana dari dirinya yang paling membuat anda terpukau dan menjadi sangat mengaguminya?

Salah satu aspek yang banyak ditiru dari tarian artistik Michael Jackson ini adalah moonwalk-nya, dimana saat melakukannya Dia akan terlihat seperti sedang meluncur dengan luar biasa di lantai. Ini adalah semacam teknik tarian, dimana si penari akan tampak seperti sedang bergerak atau berjalan mundur.

Anda pasti pernah mendengar dan melihat tarian ini, bukan? Selain sekedar mendengar dan melihatnya, apakah anda juga bisa melakukannya? Beberapa dari anda mungkin bisa membuat gerakan ini, tapi pasti tidak akan sebagus atau sekeren yang bisa dilakukan oleh sang legenda dunia tersebut.

Selain tarian moonwalk, ada pula gerakan aneh dan menarik lainnya yang juga tak kalah populer dan sering ditampilkan di dalam setiap pertunjukannya, yaitu gerakan seperti menantang gravitasi. Orang-orang sering menyebutnya dengan istilah ‘Antigravity Dance’.

Gerakan unik sekaligus aneh ini pertama kali muncul di dalam sebuah video lagunya yang berjudul ‘Smooth Criminal’ pada tahun 1988. Nah, inilah gerakan yang membuat para ilmuwan merasa penasaran, tertarik dan ingin mencari tahu bagaimana Ia bisa melakukan gerakan semacam ini tanpa terjatuh.

Untuk sekedar mengingatkan anda, berikut ini akan kami tampilkan cuplikan video yang menunjukkan gerakan tarian yang kami maksud di atas :

Jika anda menonton video tadi sampai selesai, anda pasti akan menemukan gerakan yang kami maksud pada menit ke 7. Bagaimana reaksi anda saat melihatnya melakukan gerakan itu? “Wow”, anda pasti kagum kan dengan kemampuannya?

Justru sangat aneh rasanya jika anda hanya merasa biasa saja setelah melihatnya melakukan hal tersebut. Tidak semua orang bisa melakukan gerakan itu, lho. Nggak percaya? Coba saja anda praktikkan sendiri.

  • Pertama-tama, anda harus berdiri tegak
  • Kemudian, miringkan seluruh badan anda ke depan sampai membentuk sudut 45 derajat. Untuk bisa melakukannya, maka anda harus menekuk pergelangan kaki anda.

Gimana? Berhasil tidak? Sekarang anda tahukan betapa sulitnya melakukan gerakan ini tanpa terjatuh sama sekali?

Selain Michael Jackson, rasanya tak ada seorang pun yang bisa melakukannya sesempurna yang bisa ia lakukan. Banyak yang ternyata gagal pada saat mencobanya dan tidak sedikit pula yang berakhir dengan terhempas ke lantai.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ilmuwan tertarik untuk mencari tahu apakah gerakan tersebut pure atau murni dihasilkan oleh kemampuan tubuhnya, atau mungkinkah Ia menggunakan alat-alat tertentu yang menjadi pendukung penampilannya tersebut?

Sekelompok ilmuwan menerbitkan penelitian mereka ini di dalam Journal of Neurosurgery, dimana di dalamnya mereka berusaha untuk menjelaskan tentang kemiringan 45 derajat yang luar biasa, yang bisa dibuat sambil menjaga punggung tetap lurus dan kaki dalam keadaan rata di lantai.

Tentu saja, ini bukan bagian penelitian yang paling transformatif, namun studi ini menimbulkan rasa penasaran yang tidak bisa terabaikan begitu saja.

Hasil Penelitian

Dari pengamatan yang telah mereka lakukan, para ilmuwan mengatakan bahwa Michael melakukannya dengan “curang”, yang berarti mereka menduga kalau Ia bisa membuat gerakan tersebut dengan bantuan alat-alat pendukung yang memang sengaja dipersiapkan.

Menurut mereka, secara manusiawi, gerakan tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut dengan sangat jelas disampaikan oleh seorang ahli bedah saraf yang bernama Dr. Nishant Yagnick.

Rekannya, yang bernama Dr. Manjul Tripathi juga menjelaskan dengan tepat mengapa hal seperti ini tidak dapat dilakukan. Menurutnya, manusia normal hanya bisa membuat gerakan tersebut dengan sudut maksimal 25 atau 30 derajat tanpa terjatuh. Tapi untuk membuat kemiringan sebesar 45 derajat, rasanya mustahil.

Ia mengatakan hal seperti ini tentu ada alasannya. Menurutnya, ketika seseorang mencoba berdiri terlalu condong ke depan, maka otot-otot pergelangan kakinya harus bekerja lebih keras untuk menopang seluruh berat tubuh, bukan otot erector spinae yang sejajar dengan tulang belakang anda.

Otot ini biasanya bertindak sebagai kawat atau kabel yang bisa menopang tubuh jauh lebih baik. Sedangkan otot pergelangan kaki tidak bisa melakukannya sebaik itu.

Kalau begitu, bagaimana Michael Jackson bisa melakukannya? Jawabannya adalah dengan bantuan sepatu yang dirancang khusus.

Michael Bush dan Dennis Thomkins yang bertanggungjawab atau berperan besar untuk penampilan sang megastar pada tahun 1993 memberikan rincian tentang bagaimana sepatu inventif tersebut bekerja.

Sepatu yang biasa digunakan oleh Raja Pop ini dilengkapi dengan “slot tumit yang dirancang khusus yang dapat dilepas”. Selain itu, masing-masing sepatu tersebut juga memiliki sebuah hitch (seperti paku) yang terdapat di permukaannya, yang digunakan dengan tujuan agar si pemakainya bisa menggeser kakinya ke depan dengan leluasa.

Itu artinya, ketika si pemakai mecondongkan tubuhnya ke depan, sepatu yang dilengkapi dengan hitch ini akan membantu untuk menopang dan mempertahankan keseimbangan tubuhnya, sehingga Ia tidak sampai terjatuh ke lantai.

Untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa melihat cara kerja sepatu tersebut di bawah ini :

Tapi jangan salah, bahkan dengan sepatu seluar biasa itu pun tidak semua orang bisa melakukan seperti yang Ia dan penarinya lakukan, lho.

“Bahkan orang normal yang menggunakan sepatu ini sekalipun mungkin tidak bisa melakukannya. Dibutuhkan banyak latihan untuk mengembangkan otot-otot tubuh terlebih dahulu sebelum akhirnya mencoba melakukan gerakan tersebut, seperti misalnya otot perut dan otot batang pusat untuk mendapatkan kekuatan ketika akan melakukannya”, kata Yagnick.

Jika anda melakukannya dalam kondisi yang masih belum begitu terlatih dan tanpa persiapan yang matang, maka kemungkinan besar anda terjatuh dan terluka akan jauh lebih besar. Beberapa waktu lalu, tepatnya di India, seseorang harus mengalami cedera karena mencoba meniru tarian Michael Jackson ini.

“Ketika Michael Jackson mengeluarkan video yang memperlihatkan tarian ini dan kemudian melakukannya secara live di seluruh dunia, orang-orang sama sekali tidak tahu kalau ternyata Dia menggunakan sepatu khsusus untuk melakukan gerakan tersebut. Khususnya di India, dimana Michael Jackson sangat populer, banyak orang yang mencoba untuk menirunya dan beberapa berakhir terluka”, kata Yagnick

Sekarang anda tahu kan kenapa Michael Jackson bisa melakukan tarian antigravitasi ini dan mengapa para ilmuwan menjadi begitu penasan dengan tarian ini?

Jadi, jika anda tidak memiliki sepatu khusus dan kemampuan menari seperti dirinya, maka jangan terkejut kalau anda tidak bisa melakukannya dengan sempurna. Tapi meskipun begitu, mungkin jika anda terus mencobanya dengan sungguh-sungguh, sepertinya kata tidak mungkin tidak akan berlaku untuk anda.

Namun bukan berarti anda bisa berlatih atau melakukannya di mana saja, ya. Selama proses latihan, akan lebih baik jika anda melakukannya di tempat yang aman atau dilengkapi dengan pengaman yang cukup.

Jangan coba-coba langsung mencobanya di lantai tanpa adanya alat atau benda lunak (seperti matras atau tilam) di depan anda, yang berfungsi untuk menampung tubuh anda kalau-kalau anda gagal melakukannya. Jika tidak ada dan anda gagal, maka bersiaplah untuk “berdarah” atau terluka.

Yah, kalau anda masih sayang pada wajah anda, tentu anda akan memikirkan atau mempertimbangkan hal ini. Tapi kalau anda ingin mencoba bagaimana rasanya operasi hidung, ya coba saja lakukan.

 

 

Menggunakan Alat Yang Sama, Namun Teknik Pengobatan Ini Ternyata Berbeda

Meskipun saat ini sudah banyak pengobatan moderen yang sudah ditemukan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, namun tetap saja beberapa orang masih lebih percaya pada jenis pengobatan tradisional atau alternatif. Lantas, manakah yang menurut anda paling efektif dalam mengobati penyakit?

Adakah di antara anda yang saat ini masih menggunakan perawatan alternatif ketika sedang sakit? Kalau “iya”, jenis perawatan yang seperti apakah yang anda lakukan? Bisakah anda menyebutkannya? Anda tak perlu sungkan untuk mengatakannya, karena kami tidak akan menganggap anda sebagai orang yang kuno.

Tahu kenapa? Karena kebanyakan pengobatan moderen yang bisa kita temukan saat ini adalah perkembangan dari teknik mengobati yang dulunya dilakukan oleh nenek moyang kita. Bedanya, kini mereka telah dirancang atau diracik dengan sedemikian rupa dengan menggunakan teknologi yang sudah ada.

Beberapa jenis pengobatan alternatif yang masih dipercaya lebih ampuh untuk mengobati penyakit tertentu, sehingga masih digunakan oleh banyak orang sampai dengan sekarang ini adalah tusuk jarum kering dan akupuntur.

Akupuntur mungkin sudah tidak asing lagi untuk anda, tapi bagaimana dengan tusuk jarum kering? Apakah anda juga pernah mendengar tentang istilah pengobatan ini?

Sebenarnya, keduanya sama-sama melibatkan jarum tipis, yang ditusukkan ke kulit untuk terapeutik. Tujuannya pun sama, yaitu memberikan bantuan untuk mengobati rasa sakit. Yang membuat keduanya berbeda ada hanyalah praktiknya saja. Anda mengertikan maksudnya?

Praktik tusuk jarum kering mencoba melepaskan ketegangan dari simpul dan titik-titik tekanan di otot. Sementara ahli akupunktur memasukkan jarum untuk melepaskan endorfin dan mempengaruhi sistem saraf. Secara tradisional, akupunktur digunakan untuk menyelaraskan energi seseorang, atau yang disebut dengan chi.

Berbeda dengan akupuntur yang telah banyak dan sudah lama dipelajari oleh para peneliti, tusuk kering adalah praktik yang masih terbilang sangat baru dan bukti yang bisa membuktikan khasiatnya pun masih belum komprehensif. Sementara pedoman untuk akupuntur sudah sangat lengkap, alternatif tusuk jarum malah sebaliknya.

Setelah membaca penjelasan ringkas di atas, anda bisa membuat kesimpulan kecilnya, bukan? Untuk lebih membuat anda memahami perbedaan di antara kedua jenis pengobatan tradisional ini, di bawah ini kami akan memberikan penjelasannya.

Tusuk Jarum Kering vs Akupuntur

Walaupun banyak perbedaan diantara kedua jenis pengobatan ini, namun praktik tersebut memiliki beberapa kesamaan. Tahukah anda apa itu? Keduanya mengklaim bahwa mereka dapat memberikan bantuan terapeutik dari rasa sakit. Namun, mereka melibatkan metode yang berbeda, yang sebelumnya telah kami sebutkan di atas.

Masyarakat dunia telah mengenal akupuntur sebagai teknik pengobatan selama berabad-abad lalu dan sekarang praktiknya sudah diatur dengan baik. Sedangkan tusuk jarum kering dikembangkan baru-baru ini saja dan juga masih belum memiliki pedoman resmi.

Perbedaan lain dari keduanya adalah, pengobatan akupunktur dapat digunakan untuk berbagai kondisi medis. Filosofi utamanya adalah bahwa tubuh dapat disembuhkan ketika chi atau energi penyembuhan dilepaskan.

Sedangkan tusuk jarum kering dirancang untuk mengurangi rasa sesak dan nyeri pada otot. Praktisi perawatan ini percaya bahwa, memasukkan jarum langsung ke simpul atau titik tekanan akan melepaskan ketegangan di otot sekitarnya.

Tusuk Jarum Kering

Selain meredakan nyeri otot dan kram, tusuk jarum kering juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas seseorang. Seorang ahli pengobatan alternatif ini biasanya akan memasukkan jarum filiform baja yang pendek, tipis dan anti karat ke dalam titik-titik tekanan tertentu, atau yang dikenal sebagai trigger points, yaitu area yang ketat atau kejang di otot.

Jarum yang digunakan di dalam praktik tersebut pada umumnya adalah jarum yang tidak mengandung cairan apapun untuk disuntikkan ke dalamnya. Orang yang sering melakukan praktik pengobatan ini adalah para terapis olahraga dan ahli terapi fisik lainnya.

Karena kurangnya peraturan dan pedoman untuk melakukannya, seseorang dapat melakukan praktik tusuk jarum kering ini dengan pelatihan minimal dan tidak ada lisensi, yang berarti siapa saja bisa menjadi ahli terapi ini. Kedengarannya agak sedikit ekstrim nggak sih?

Dalam hal ini rasanya sangat sulit mengatakan kalau praktisi yang melakukan pengobatan ini adalah seorang yang terlatih, memiliki pengalaman yang memadai ataupun melakukan prosedur yang benar, sehingga tak banyak yang mau dan berani mencobanya.

Tata cara yang paling umum dalam praktik ini adalah meninggalkan jarum filiform di otot selama 10-30 menit. Namun, ternyata ada 2 (dua) jenis tusuk kering yang masih kurang umum di masyarakat, diantaranya adalah :

  • Teknik masuk dan keluar

Ini adalah teknik dimana seorang praktisi akan memasukkan jarum filiform ke titik pemicu dan segera atau langsung mencabut atau menyingkirkannya. Hasil tinjauan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa bentuk tusuk kering ini tidak memberikan manfaat apapun.

  • Teknik non-trigger points

Non-trigger points merupakan teknik dimana seorang praktisi akan menyisipkan jarum ke otot sekitarnya, yang bukan termasuk simpul atau titik tekanan. Studi ilmiah tentang tusuk jarum kering ini sangatlah terbatas, meskipun memang penelitian tentang praktik ini masih terus tumbuh dan berkembang.

Sejauh ini, beberapa penelitian telah mendapatkan hasil yang positif untuk jenis praktik ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa tusuk jarum kering lebih efektif daripada pengobatan plasebo.

Namun, hasil penelitian lainnya diketahui kurang menjanjikan. Misalnya saja di dalam sebuah penelitian pada tahun 2012 lalu, dimana tusuk kering ditemukan kurang efektif digunakan jika dibandingkan dengan injeksi plasma kaya trombosit dalam merawat cedera rotator cuff.

Penulis sebuah studi tahun 2017 bahkan menyimpulkan bahwa peregangan sama efektifnya dengan tusuk kering dalam meningkatkan fleksibilitas.

Hasil penelitian tersebut setiknya berhasil memberitahu atau menunjukkan bahwa tusuk jarum kering mungkin memang lebih efektif daripada tidak menerima perawatan sama sekali, tetapi metode yang lebih konvensional dan hemat biaya, seperti peregangan dan terapi pijat, mungkin lebih baik dalam mengurangi nyeri otot.

Perawatan Akupuntur

Akupunktur adalah teknik pengobatan kuno yang awalnya dikembangkan di China. Namun seiring berkembangnya teknik tersebut, kini hampir seluruh masyarakat mengenalnya. Tentu saja kepopulerannya tersebut muncul karena keefektifannya dalam memberikan kesembuhan.

Para pendukung pengobatan ini mengklaim bahwa teknik tersebut dapat menghilangkan stres, rasa sakit dan ketidaknyamanan, dengan cara membuka aliran energi seseorang, atau yang biasa dikenal dengan istilah chi.

Akupunktur medis sama-sama menggunakan alat berupa jarum, sama seperti tusuk jarum kering. Bedanya, ini melibatkan penggunaan jarum yang lebih panjang dan tipis untuk merangsang syaraf di otot dan di lapisan bawah kulit. Teknik ini juga dapat menghasilkan produksi endorfin, yang dapat meredakan beberapa gejala.

Adapun beberapa gejala yang bisa diringankan dengan perawatan ini antara lain : sakit dan nyeri di otot, mual, kram menstruasi, sakit kepala dan migrain, depresi, nyeri yang berhubungan dengan tenaga kerja, muntah dan sakit lutut.

Jika anda menanyakan pertanyaan “mengapa orang-orang lebih banyak percaya pada teknik ini dibandingkan dengan tusuk jarum kering”, maka inilah jawaban yang bisa kami berikan :

Untuk bisa melakukan pengobatan akupunktur, seseorang perlu dilisensikan dan menjalani pelatihan ekstensif. Seorang terapis akupunktur biasanya akan menjalani 3 tahun atau lebih waktu pelatihan. Mereka akan belajar mengidentifikasi gejala, mendiagnosis kondisi dan menggunakan teknik yang benar dengan menggunakan jarum.

Dengan kata lain, para terapis haruslah berasal dari orang yang benar-benar ahli, memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pengobatan dan berbagai jenis penyakit, terutama yang bisa disembuhkan atau diobati dengan perawatan tersebut.

Selain itu, seorang anggota senior dari dewan nasional juga akan mengawasi para praktisi baru. Sebelum menerima lisensi, seorang praktisi baru harus lulus ujian dari dewan nasional dan mereka harus lulus ujian setiap tahunnya setelah menerima lisensi. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak yang lebih percaya dengan teknik perawatan ini.

Berbagai macam penelitian mendukung penggunaan akupunktur untuk mengobati banyak kondisi medis, termasuk migrain, depresi dan radang sendi.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa, akupunktur reguler dapat membantu mencegah migrain dan tinjauan dari tahun 2012 menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengobati migrain seefektif pilihan medis lainnya. Apakah bukti-bukti di atas belum cukup untuk meyakinkan anda bahwa akupuntur adalah pengobatan yang aman?

Tapi meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan untuk menentukan apakah akupunktur benar-benar dapat membantu mengobati radang sendi, sekalipun beberapa orang telah menemukan bahwa itu dapat mengurangi rasa sakit yang terkait.

Hasil review pada tahun 2018 menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi keparahan depresi pada beberapa orang ketika digunakan bersamaan dengan perawatan tradisional lainnya.

Siapa pun anda yang merasa tertarik untuk mencoba akupunktur, sebaiknya anda harus berbicara dengan dokter anda terlebih dahulu, agar mereka bisa membantu anda menemukan praktisi yang terdaftar.

Resiko Pengobatan Akupuntur dan Tusuk Jarum Kering

Meskipun sangat baik dalam hal mengobati beberapa jenis penyakit, namun kedua jenis atau teknik perawatan dengan menggunakan jarum ini juga memiliki resiko. Kebanyakan resiko yang ditimbulkan tidak begitu mengkhawatirkan, namun tetap harus diperhatikan.

Tusuk jarum kering akan dianggap aman jika praktisi menggunakan jarum yang steril. Anda semua tahukan kalau ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa ditularkan di sekeliling anda, tak terkecuali melalui benda sekecil jarum? Jika si terapis menggunakan jarum yang terkontaminasi, maka anda akan beresiko tertular patogen yang ditularkan melalui darah.

Resiko lebih lanjut yang terkait dengan tusuk kering adalah berupa gejala ringan dan relatif umum, seperti: nyeri sementara di daerah dimana jarum tersebut ditusukkan, pendarahan, memar di sekitar atau daerah yamg ditusuk.

Kenapa yang dijelaskan daritadi hanyalah resiko untuk tusuk jarum kering saja? Apakah akupuntur tidak memiliki resiko apapun? “Tidak juga sih”.

Hanya saja orang yang menerima akupunktur jarang mengalami efek samping. Kalaupun terjadi, resikomya sama saja seperti pada tusuk jarum kering, dimana biasanya pasien akan mengalami pendarahan, memar dan nyeri ringan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kami akan menyimpulkan, bahwa :

  • Tusuk jarum kering dan akupunktur sama-sama dapat membantu meredakan nyeri otot, nyeri dan sesak, meskipun dengan cara atau praktik yang sedikit berbeda.
  • Akupunktur adalah prosedur yang diatur dengan baik. Jarum disisipkan pada titik-titik strategis untuk menstimulasi aliran energi ke seluruh tubuh. Meskipun beberapa bukti tidak meyakinkan, namun akupunktur secara luas diakui sangat membantu dalam mengobati penyakit tertentu.
  • Tusuk jarum kering dikembangkan jauh lebih baru dibandingkan dengan akupuntur yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Dengan tidak adanya peraturan resmi dalam pengobatan ini, seseorang akan memiliki resiko lebih tinggi mengalami efek samping.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai dua jenis teknik pengobatan yang sama-sama menggunakan jarum dalam praktiknya, namun memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan di atas.

Sebelum kami mengakhiri penjelasan ini, penting bagi kami untuk memberitahukan atau lebih tepatnya menyarankan agar sebelum mencoba tusuk jarum kering atau akupunktur, maka sebaiknya anda harus berkonsultasi dengan dokter. Ini akan meminimalkan resiko anda untuk mendapatkan terapis gadungan yang tidak berpengalaman. Anda mengerti, kan?

Tak Hanya di Indonesia, Game Petak Umpet Juga Populer di Banyak Negara

Semasa kecil dulu, libur sekolah akan menjadi saat-saat yang menyenangkan hampir bagi seluruh anak di dunia. Itu karena mereka bisa bermain sepuasnya tanpa harus memikirkan sekolah, tugas dan sebagainya. Biasanya waktu seperti ini akan mereka isi dengan sejumlah permainan yang amat mereka sukai bersama teman-temannya.

Bisakah anda menyebutkan permainan seperti apa yang paling anda sukai dan sering anda mainkan sewaktu kecil dulu? Jawaban anda tentunya akan sangat beragam. Tapi dari sekian banyaknya permainan tersebut, apakah anda pernah bermain petak umpet?

Beberapa dari anda yang sedang membaca artikel ini mungkin akan langsung tersenyum sumringah ketika mendengar nama permainan ini dan kembali teringat saat memainkannya pada saat menjadi bocah beberapa tahun lalu.

Namun tidak menutup kemungkinan pula kalau ada yang akan mengernyitkan dahinya karena tak pernah mendengar nama permainan tersebut. Wajar saja jika ada di antara anda yang tidak mengenal permainan ini, mengingat saat ini ada banyak game lain (e-game) yang lebih modern yang bisa dimainkan.

Tapi meskipun peminatnya secara berangsur-angsur mulai berkurang, namun petak umpet ini masih dimainkan oleh sebagian orang. Ini masih menjadi salah satu permainan yang disukai oleh beberapa anak.

Untuk anda yang sudah pernah memainkannya, apakah anda tahu dari mana sebenarnya game tersebut berasal? Apakah hanya di Indonesia saja permainan tersebut dikenal, atau mungkin ada negara lain yang juga memainkannya? Bisakah anda memberikan jawaban kedua pertanyaan di atas?

Kalau sebelumnya anda belum pernah tahu dan mendengar sejarah atau asal usul dari petak umpet ini, maka kami yang akan memberikan informasinya untuk anda.

Mengenal Permainan Petak Umpet

Petak umpet atau yang dalam istilah bahasa inggris dikenal dengan istilah “Hide and Seek” ini merupakan sebuah permainan jadul (lama) yang sangat populer, bukan hanya di kalangan masyarakat Indonesia, tapi juga di beberapa negara lainnya.

Cara untuk memainkan permainan ini pun cukup mudah, dimana biasanya dimainkan oleh lebih dari satu pemain. Salah satu pemain akan menutup matanya untuk beberapa waktu (biasanya orang tersebut akan menghitung dari satu sampai 10 atau 100-tergantung pada aturan yang dibuat oleh kelompok tersebut), sementara pemain yang lainnya akan bersembunyi.

Penentuan pemain mana yang harus menutup mata dan yang bersembunyi ini biasanya diundi atau ditentukan dengan cara-cara tertentu, seperti dengan “suit batu, gunting, kertas” dan sebagainya.

Setelah si penutup mata tadi selesai menghitung, Ia kemudian akan harus mencari teman-temannya yang bersembunyi. Tapi sebelumnya Dia harus mengatakan “Aku datang“, sebelum akhirnya mulai mencari. Ini adalah pertanda atau isyarat untuk memberitahu pemain lain yang bersembunyi tersebut bahwa si pencari akan mulai memburu mereka.

Pemain yang pertama kali dapat akan menjadi penjaga atau si pencari pada permaian yang berikutnya, setelah semua berhasil ditemukan. Sedangkan pemain yang terakhir ditemukan akan menjadi pemenang permainan.

Di dalam salah satu bentuk permainan, para penyembunyi akan mencoba untuk kembali ke “home base” pada saat si pencari sedang berusaha untuk menemukan mereka. Jika semua pemain yang bersembunyi tersebut berhasil kembali dengan selamat, maka si pencari tadi akan kembali menjadi si pencari di permainan berikutnya.

Intinya dalam permainan ini, posisi pencari akan sangat dihindari oleh para pemain, karena tugasnya yang tidak mudah. Oleh karena itu, saat melakukan suit pertama, anda harus berusaha agar tidak kalah. Kalau tidak, maka bersiaplah untuk kemungkinan anda terus menjadi si pencari di putaran selanjutnya.

Asal Usul Game Hide and Seek

Sampai dengan saat ini, asal usul permainan petak umpet ini masih belum bisa dipastikan. Namun beberapa orang mengatakan kalau game tersebut sepertinya sama dengan permainan apodidraskinda yang telah dijelaskan oleh penulis Yunani pada abad ke-2, yang bernama Julius Pollux. Di dalam bahasa Yunani modern, istilah petak umpet dikenal dengan istilah Kryfto.

Sebagian orang percaya bahwa game ini telah banyak ditemukan di dalam tulisan-tulisan shakespeare, dimana di dalamnya terdapat referensi untuk permainan petak umpet anak-anak.

Footraces, tag dan sejenisnya diketahui sudah ada sejak lama. Encyclopaedia of Play in Today’s Society telah menelusuri permainan ini di sepanjang perjalanan sejak 200 tahun yang lalu, tepatnya sebelum Era 200 SM.

Meskipun asal usul permainan ini masih simpang siur, namun yang pasti, sampai dengan saat ini game tersebut masih tetap ada atau eksis dan masih dimainkan oleh sebagian orang, khususnya oleh anak-anak, yah walaupun memang jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, jumlah orang yang memainkannya sangat turun atau berkurang.

Sebagai orang yang pernah memainkan game ini anda patut bersyukur dan berbangga hati, karena tidak semua orang, terutama untuk sekarang ini yang bisa merasakan sensasi bermain permainan tersebut.

Variasi Permainan di Seluruh Dunia

Game ini umumnya memiliki versi atau variasi yang berbeda di tiap-tiap daerah atau negara. Terkadang, si pencari bisa dibantu oleh orang-orang yang berhasil ditemukannya terlebih dulu.

Dengan kata lain, hanya ada satu anak terakhir yang bersembunyi, yang akan dicari oleh pemain yang lainnya. Si penyembunyi yang sudah ditemukan akan bergabung dengan para pencari secara diam-diam untuk menemukan pemain terakhir tersebut.

Versi permainan petak umpet yang seperti ini disebut sardines. Untuk orang dewasa, ini akan jauh lebih menyenangkan jika dimainkan pada malam hari di area yang luas, seperti taman dengan pencahayaan yang rendah. A.M. Burrage menyebut game ini dengan istilah “Smee” di dalam kisah hantu yang dibuatnya pada tahun 1931.

Permainan ini dimainkan hampir di seluruh dunia. Di Spanyol, permainan ini disebut el escondite, sedangkan di Perancis dikenal sebagai jeu de cache-cache, di Israel dijuluki sebagai machboim, kemudian di Korea Selatan disebut dengan sumbaggoggil dan masyarakat Rumania mengenalnya sebagai de-av-ati ascunselea.

Bukan hanya di situ saja, permainan hide and seek ini juga dikenal di seluruh Amerika Selatan dan Tengah sebagai beberapa sebutan seperti tuja (Bolivia), escondidas (Ekuador dan Chili) dan cucumbè (Honduras dan El Salvador).

Ada banyak varian yang digunakan di dalam game, seperti misalnya anak-anak Igbo di Nigeria yang bermain oro, yaitu kombinasi petak umpet dan tag, dimana si pencari akan berdiri di tengah lingkaran besar yang telah digambar di atas pasir dan kemudian menyuruh pemain lain untuk bersembunyi.

Pencari kemudian melangkah keluar dari lingkaran untuk bergegas menemukan dan kemudian mengejar pemain lainnya, yang harus lari ke lingkaran agar aman. Anak yang disentuh sebelum mencapai lingkaran harus menjadi pencari berikutnya.

Ada juga variannya yang dikenal sebagai Olly Olly oxen free. Sebenarnya ini adalah ungkapan yang biasanya digunakan di dalam game tersebut, dimana sang pencari akan berteriak, ‘Olly Olly oxen free!’ untuk memberitahu pemain tersembunyi yang tersisa untuk keluar atau kembali ke home base dengan aman.

Di India, petak umpet dimainkan dengan cara yang berbeda, dimana jika salah satu penyembunyi (pemain yang bersembunyi) menyentuh pencari dan mengatakan ‘Dhappa‘, maka pencari harus menghitung ulang lagi.

Namun, jika pencari telah melihat atau menemukan penyembunyi, tepat sebelum mereka berhasil menyentuhnya dan mengatakan dhappa, maka penyembunyi tersebutlah yang akan menjadi si pencari di pemainan berikutnya, kecuali beberapa penyembunyi lainnya berhasil menyentuh dan mengatakan ‘Dhappa’ kepada si pencari tanpa terlihat.

Di Brazil dan Rusia, petak umpet memiliki langkah tambahan. Si pencari akan mulai menghitung dengan mata tertutup sambil menghadap ke arah dinding sementara semua pemain lain akan sibuk bersembunyi.

Setelah si pencari berhasil menemukan salah satu di antara mereka, maka kedua pemain yang terdiri dari si pencari dan si penyembunyi tersebut harus berlomba menuju ke tempat dimana awalnya si pencari menghitung dan menghadap ke dinding.

Siapa pun di antara mereka yang berhasil sampai ke tempat itu lebih dulu, maka Ia lah yang memenangkan permainan. Ini juga kadang dimainkan oleh negara lain. Selain Brazil dan Rusia, beberapa negara lainnya juga mengadopsi cara permainan ini.

Hide and Go Seek in the dark adalah contoh jenis varian lain dari game ini, dimana anda akan bermain game tersebut pada malam hari di taman, lapangan atau di rumah dengan kondisi cahaya yang minim ataupun tanpa lampu.

Uniknya lagi, ternyata ada negara yang menjadikan game petak umpet ini sebagai sebuah ajang kejuaraan resmi yang dinamai “Kejuaraan Dunia Nascondino“. Ini adalah kompetisi petak umpet internasional yang unik, yang dimainkan secara tim untuk kalangan orang dewasa, dengan kategori yang tidak terdiversifikasi berdasarkan gender.

Kejuaraan ini muncul pertama kali pada tahun 2010 di kota Bergamo, Italia. Ajang tersebut diadakan setiap tahunnya di negara tersebut pada musim panas. Permainan ini merupakan turunan dari versi bahasa Italia yaitu, “nascondino” (petak umpet dalam bahasa Italia).

Pertandingan petak umpet Italia ini dilaksanakan di taman bermain, di tempat udara terbuka, yang telah disiapkan dengan tempat persembunyian buatan dan alami.

Kompetisi ketujuh kemarin berlangsung pada bulan September 2017, dengan 70 tim dari 11 negara. Apakah tahun ini jumlah tim yang akan bergabung jauh lebih banyak dari tahun lalu? Kita mungkin akan melihatnya sebentar lagi. Anda bisa mengetahuinya jika anda selalu mengikuti informasi terbaru terkait dengan kompetisi tersebut.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai asal usul petak umpet dan berbagai variasi permainan yang digunakan di beberapa negara di dunia, semoga informasi ini bisa semakin menambah wawasan anda,

 

 

 

 

Ingin Menghilangkan Stress? “Terapi Peluk Sapi” Ini Bisa Menjadi Alternatif Yang Tepat

Saat ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa stress telah menjadi gangguan terbesar dalam kehidupan kita. Ini bisa terjadi pada siapa saja, tak perduli apakah anda wanita atau pria, anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua, semua berpotensi besar terserang stress.

Selain bisa menyerang semua orang, stress juga bisa datang kapan saja, bahkan tanpa kita sadari. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya gangguan ini, yang pastinya akan berbeda-beda pada tiap-tiap individu.

Untuk sekarang, beberapa hal yang sering menyebabkan stress adalah beratnya rutinitas yang dijalankan setiap hari, munculnya berbagai masalah yang dihadapi seperti pergelutan dalam rumah tangga, masalah finansial dan semua yang berhubungan dengan kelelahan pada pikiran akibat berpikir yang terlalu dipaksakan.

Menyadari rentannya masyarakat pada gangguan atau masalah ini, sebagian mulai mencoba mencari-cari solusi yang kemungkinan bisa mengobati dan menghilangkannya, atau paling tidak bisa mengurangi stress tersebut.

Pada umumnya masing-masing negara memiliki cara penghilangan stress yang tidak sama. Seperti misalnya negara Jepang yang memiliki terapi mengubur diri. Terdengar seram memang, namun cara ini dianggap cukup ampuh oleh masyarakat di sana.

Bukan hanya Jepang saja yang punya cara unik untuk menghilangkan tekanan pikiran tersebut, baru-baru ini di USA juga telah ditemukan terapi unik untuk membantu masyarakat mengatasi masalah tersebut.

Kali ini bukan dengan mengubur diri, melainkan dengan memeluk hewan tertentu. Kira-kira, hewan apakah yang dimaksud? Langsung saja temukan jawabannya pada penjelasan berikut.

Terapi Memeluk Sapi

Pernahkah anda merasakan di kala anda sedang tertekan atau stress anda sangat ingin memeluk? Dengan memeluk sesuatu atau seseorang, beban berat yang tadinya kita bawa di pundak kita sendirian seakan terasa ringan secara perlahan. Itulah kedasyatan dari sebuah pelukan. Apakah sebelumnya anda tidak pernah melakukannya?

Kalau belum, lain kali cobalah untuk melakukannya dan anda akan merasakan sesuatu yang berbeda pada diri anda. Namun, bukan berarti anda bebas atau boleh memeluk orang lain yang tidak anda kenal secara tiba-tiba. Wah, kalau itu mah namanya “mengambil kesempatan dalam kesempitan”. Anda mengerti kan maksudnya?

Lagi pula, tindakan seperti itu akan membuat orang tersebut dan orang yang melihatnya menjadi risih, terganggu bahkan menganggap anda aneh atau gila. Oleh karena itu, usahakanlah untuk memeluk seseorang yang anda kenal dan kemudian ceritakan semua yang menjadi beban atau pergumulan anda. Itu akan membuat anda menjadi sedikit lebih lepas atau lega.

Berhubung beberapa orang pasti akan canggung atau segan ketika harus memeluk seseorang, sebuah peternakan yang ada di USA mencoba mencari jalan lain untuk mengatasinya, yaitu dengan menciptakan terapi peluk sapi.

Apakah sebelumnya anda pernah memeluk sapi? Kebanyakan dari anda mungkin akan menjawab tidak. Gimana mau peluk, kadang berdiri di dekatnya saja takut ya kan? Takut diseruduk tiba-tiba.

Inilah yang menjadi perbedaan antara masyarakat Indonesia dan Barat. Belum lagi dicoba udah takut. Coba lihat orang-orang Barat di sana, betapa akrabnya mereka dengan berbagai jenis hewan termasuk sapi. Mereka bahkan tak segan-segan memeluk hewan berbadan besar tersebut.

Kebiasan memeluk sapi di sana dipercaya ampuh dalam mengobati perasaan gusar, stress, ketidaktenangan dan sebagainya. Jadi jangan heran ketika anda melihat mereka sangat senang memeluk sapi.

Salah satu negara yang menawarkan terapi semacam ini adalah Belanda. Di peternakan yang ada di negara tersebut, sapi-sapi dilatih untuk bersikap ramah kepada manusia. Setelah Belanda, kini giliran Amerika Serikat yang menerapkan jenis terapi unik tersebut. Bedanya, di sini tak hanya menggunakan hewan sapi saja, melainkan juga kuda.

Terapi yang dikenal dengan sebutan “Horse and Cow Experience” ini merupakan jenis perawatan stress terbaru yang perkenalkan oleh Mountain Horse Farm, yang berada di New York.

Menurut peternakan tersebut, perawatan ini dirancang untuk menumbuhkan perasaan relaksasi dan penyembuhan bagi mereka yang tengan mengalami tekanan hidup, sambil meningkatkan rasa kesadaran mereka tentang bahasa tubuh.

Pemilihan Sapi Sebagai Alat Terapi

Banyak dari anda yang mungkin bertanya-tanya mengapa harus sapi? Kenapa bukan singa atau hewan lainnya?

Menurut mereka, sapi adalah teman berpelukan yang sangat sempurna, mengingat mereka memiliki kelebihan dalam hal sensitivitas bawaan dan sifat yang damai.

“Untuk bertahan hidup di alam liar, mereka harus menjadi ahli dalam membaca bahasa tubuh”, jelas salah satu pengurus peternakan tersebut.

Karena memiliki sensitivitas yang tinggi, ketika anda memasuki ruang mereka, maka mereka akan membaca anda secara halus tetapi dengan sungguh-sungguh, sama halnya saat mereka sedang membaca anggota kawanan lainnya. Mereka akan menangkap apa yang sedang terjadi atau yang anda rasakan.

Mereka bisa merasakan saat anda merasa bahagia, sedih, merasa tersesat, cemas dan sebagainya. Kemudian hewan tersebut menanggapinya tanpa penilaian apapun, ego atau catatan tertentu.

Selain tingkat kepekaannya yang tinggi, hewan tersebut juga diketahui memiliki suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi daripada manusia dan detak jantung sedikit lebih rendah. Ini merupakan penggabungan yang sangat pas untuk menumbuhkan rasa relaksasi saat berpelukan.

Sebagai bagian dari sesi terapi, pengunjung juga diperbolehkan untuk mengelus mereka. Seorang konselor berlisensi pun juga akan dihadirkan di sana untuk memastikan setiap sesi berjalan sesuai rencana.

Meski banyak yang memandang terapi ini dengan sebelah mata, namun ini bukanlah perawatan yang murah. Anda harus mengeluarkan biaya sebesar $ 300 (€ 258) untuk 90 menit. Cukup mahal juga kan? Tapi harga ini tidak akan ada artinya dengan hasil yang mungkin akan anda dapatkan.

Melihat besarnya penghasilan yang bisa didapatkan dari terapi ini, kemungkinan tidak hanya di Newyork saja perawatan ini ditawarkan, tapi juga di beberapa wilayah lainnya.

Pendapat Sains Mengenai Terapi Dengan Bantuan Hewan

Menurut sebuah situs Psikologi (Psychology Today), terapi dengan menggunakan bantuan hewan atau yang dikenal dengan istilah Animal-Assisted Therapy, adalah intervensi terapeutik yang menggabungkan hewan, seperti : kuda, anjing, kucing, babi, burung ataupun hewan lainnya seperti sapi dalam rencana perawatan.

Sebuah meta analisis dari 49 penelitian melaporkan bahwa terapi jenis ini memberikan hasil yang positif dan peningkatan kesejahteraan emosional secara keseluruhan pada mereka yang mengidap autisme, kondisi medis tertentu atau masalah perilaku.

Bukan itu saja, dengan bantuan hewan dalam terapi seperti ini juga diketahui dapat membantu penderita yang sedang berjuang melawan penyakit seperti depresi, skizofrenia atau kecanduan.

Hal tersebut dikarenakan hewan dapat memberikan rasa tenang, kenyamanan atau keamanan dan mengalihkan perhatian dari situasi yang menegangkan, serta membantu memberikan kesenangan bagi para pasien.

Para pendukung terapi hewan mengatakan bahwa, menciptakan ikatan dengan hewan dapat membantu seseorang mengembangkan rasa harga diri dan kepercayaan yang lebih baik, menstabilkan emosi mereka, meningkatkan kemampuan komunikasi, pengaturan diri dan sosialisasi mereka.

Hewan-Hewan Lain Yang Pernah Digunakan Untuk Membantu Terapi

Sebenarnya peternakan yang ada di Amerika bukanlah satu-satunya yang menawarkan jasa untuk menghabiskan waktu dengan hewan untuk mengobati stress. Ada juga sebuah peternakan di Australia yang disebut Braidwood, yang memungkinkan anda untuk “mengadopsi dan memeluk sapi” mereka

Adopsi yang dimaksud di sini adalah isyarat simbolis, yang berarti anda tidak akan membawa pulang mereka, melainkan anda akan secara berkala menerima pemberitahuan tentang sapi tersebut. Jika anda berminat, anda bisa mengunjubgi peternakan tersebut.

Selain itu, anda juga bahkan bisa mengunjungi hewan ternak lain untuk membantu menghilangkan stress anda. Bandara Internasional Fransisco menampilkan terapi babi yang menggemaskan bagi para pelancong yang mengalami gangguan tekanan atau kecemasan.

Gimana? Kira-kira terapi hewan mana nih yang lebih menarik perhatian anda? Kalau hewan-hewan tersebut terlalu ekstrim untuk anda, anda bisa mengambil alternatif lain dengan memeluk hewan peliharaan anda, seperti anjing atau kucing misalnya. Tapi karena ukuran mereka relatif kecil, maka anda harus melakukan dengan lembut, ya.

Mungkin masih banyak di antara anda yang masih tidak percaya bahwa sapi adalah hewan yang sangat peka dan menganggapnya sebagai hewan yang tidak lebih dari sekedar santapan di atas piring.

Tapi pernahkah anda melihat sapi menangis akan pada saat dikurban? Menurut anda, apakah sapi-sapi itu tahu kalau mereka akan segera mati? Apa sebenarnya alasan mereka menangis? Hal tersebut kemungkinan besar berkaitan dengan kepekaan yang dimilikinya.

Nah, setelah mendengar penjelasan ini, apakah anda masih ragu dengan kemampuan mereka? Memang tidak semua sapi bisa digunakan dalam terapi ini. Tentu saja mereka harus melalui tahap pelatihan terlebih dahulu, jadi anda tidak perlu takut atau khawatir ketika ingin mengikuti terapi dengan bantuan hewan ini. Selamat mencoba dan membuktikan kebenarannya, guys.

 

Digelar di Bulan Agustus, Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asian Games

Beberapa hari ke depan, penyelenggaraan Piala Dunia akan segera kita saksikan. Gemuruh suara para suporter dari seluruh dunia akan segera terdengar. Ini adalah salah satu ajang yang paling di tunggu-tunggu setiap 4 tahun sekali.

Bukan hanya itu saja, Pesta Olahraga Asia juga akan kembali menyemarakkan kemeriahan tahun ini. Jarak pelaksanaannya pun tidak begitu jauh dari ajang World Cup, yaitu pada tanggal 18 Agustus 2018. Melihat jaraknya yang begitu dekat,

Bagi para pecinta olahraga, khususnya di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya, tahun ini ibarat kebahagian yang berlipat-lipat. Bagaimana tidak, secara ada 2 perayaan atau pesta olahraga besar yang akan dirayakan secara besar-besaran di tahun 2018 ini.

Dimanakah pesta olahraga ini nantinya akan diadakan? Berapa banyak cabang olahraga yang akan dipertandingkan? Negara-negara mana sajakah yang akan ikut berpartisipasi pada ajang ini? Dari pertama kali diselenggarakan hingga saat ini, negara manakah yang memegang medali emas paling banyak?

Apakah pertanyaan anda sama dengan pertanyaan yang barusan kami sebutkan? Kalau memang sama, berarti anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini kami bermaksud untuk membahs eputar asian games tersebut di dalam artikel ini. Supaya anda tidak terlalu lama menunggu, mari langsung saja lihat penjelasannya di bawah ini.

Perhelatan Pesta Olahraga Asia 2018

Hampir semua dari kita pasti pernah mendengar tentang perayaan Asian Games ini, bukan? Pesta olahraga ini juga dikenal sebagai Asiad, yaitu acara multi olahraga kontinental yang diadakan setiap 4 tahun sekali. Dengan kata lain, ini merupakan perayaan yang punya waktu-waktu penyelenggaraan tertentu.

Tak heran jika banyak orang yang menanti-nantikan pertandingan persahabatan ini, terutama oleh para atlet dari seluruh kawasan Asia. Pertandingan ini diatur oleh Federasi Asian Games (AGF) mulai dari Pertandingan pertamanya yang diadakan di New Delhi, India pada tahun 1951, sampai dengan pertandingan tahun 1978.

Namun sejak tahun 1982 mereka telah diorganisir oleh Olympic Council of Asia (OCA), tepatnya setelah pecahnya Federasi Asian Games. Pertandingan ini telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan digambarkan sebagai acara multi-olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade.

Di dalam sejarahnya tercatat bahwa, 9 (sembilan) negara telah menyelenggarakan Asian Games dan 46 (empat puluh enam) negara telah berpartisipasi dalam Olimpiade, termasuk Israel. Namun negara tersebut telah dikeluarkan dari pertandingan olahraga ini. Tahun 1974 silam adalah terakhir kali mereka berpartisipasi.

Indonesia Sebagai Tuan Rumah

Kalau dihitung-hitung mulai dari pertama kali pertandingan tersebut dilaksanakan, tahun ini merupakan edisi yang ke-18, artinya ini akan menjadi penyelenggaraan pesta olahraga Asia yang ke 18. 4 tahun sebelumnya, tepatnya pada 2014 yang lewat, perayaan olahraga ini dilaksanakan di kota Incheon, Korea Selatan, tepatnya pada tanggal 19 September sampai 4 Oktober.

Dan sekarang, di tahun 2018 ini, negara Indonesia yang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingannya. Ini akan dilangsungkan dari 18 Agustus sampai 2 September 2018 (setelah ajang Piala Dunia berakhir). Kabarnya Jakarta dan Palembang akan menjadi kota penyelenggaraan ajang bergengsi ini.

Mengingat negara kita yang akan menjadi tuan rumahnya, beberapa tempat di 4 provinsi yang kabarnya akan dipakai untuk menjalankan pertandingan mulai dibangun atau direnovasi. Provinsi yang dimaksud tersebut antara lain : Jakarta, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat.

Pusat pelaksanaan untuk Asian Games 2018 ini terletak di ibu kota Jakarta dan Palembang (Sumatra Selatan), dengan empat kelompok olahraga yang berbeda (tiga di Jakarta dan satu di Palembang).

Sedangkan 15 arena untuk pertandingan dan 11 arena pelatihan yang berada di Jawa Barat dan Banten yang berbatasan dengan Jakarta, akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan pertandingannya. Kira-kira akan ada total 80 tempat untuk kompetisi dan pelatihan.

Organisasi penyelenggara berharap bisa menekan biaya dengan menggunakan fasilitas dan infrastruktur olahraga yang ada, termasuk tempat-tempat yang dibangun untuk penyelenggaraan Sea Games tahun 2011 lalu.

Gelora Bung Karno Sports Complex di Jakarta hanya akan menyelenggarakan 13 cabang olahraga setelah renovasi. Kapasitas Stadion Utama yang telah berusia 55 tahun tersebut sedang dikurangi dari 88.000 penonton menjadi 76.127. Sistem pengenalan wajah juga akan dipasang di stadion untuk mengantisipasi ancaman teror.

Sedangkan Velodrome sedang dibangun di Rawamangun di Jakarta Timur, dengan biaya US $ 40 juta untuk pertandingan bersepeda, bulu tangkis, futsal, bola basket dan gulat.

Fasilitas Equestrian juga sedang dibangun di Pulomas dengan biaya US $ 30,8 juta, yang dapat menampung hingga 1.000 penonton. Tempat tersebut juga diatur untuk dilengkapi dengan 100 kandang kuda, penginapan atlet, sebuah rumah sakit hewan, tempat pelatihan dan area parkir di sebidang tanah seluas 35 hektar.

Kompleks Jakabaring Sport City di Palembang akan menjadi tuan rumah untuk acara olahraga lainnya. Renovasi beberapa fasilitas di tempat ini sedang dilakukan, termasuk peningkatan kapasitas Stadion Gelora Sriwijaya dari 36.000 menjadi 60.000 kursi. Mereka juga akan memperpanjang panjang Danau Jakabaring hingga 2.300 meter.

Cabang Olahraga Yang Diperlombakan

Pada Maret 2017, Dewan Olimpiade Asia awalnya mengumumkan bahwa Olimpiade akan menampilkan 484 pertandingan dalam 42 cabang olahraga, termasuk 28 diantaranya adalah olahraga Olimpiade permanen yang diperebutkan di Olimpiade Musim Panas 2016, lima olahraga tambahan yang akan diperebutkan di Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo.

Pada April 2017, OCA menyetujui pengurangan dalam program sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran biaya. Sejumlah perlombaan seperti : gulat, kriket, kurash, skateboarding, sambo dan berselancar diturunkan dari program.

Selain itu, ada pula pengurangan sejumlah kompetisi bridge, jet ski, ju jitsu, paralayang, pendakian olahraga, taekwondo (khususnya, semua non Kelas berat -Olympic) dan wushu. Perubahan ini mengurangi jumlah total perlombaan menjadi 431.

Program terakhir diresmikan pada September 2017, yang justru semakin meningkatkan jumlah pertandingannya menjadi 462 dari 40 cabang olahraga, sehingga menjadi program terbesar kedua dalam sejarah Asian Games.

Cabang olahraga tambahan yang diperkenalkan di Olimpiade Musim Panas 2020 juga ditambahkan, termasuk 3×3 bola basket dan BMX freestyle.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Asian Games, eSports akan ditampilkan sebagai olahraga demonstrasi. Menurut Federasi eSports Asia, sebanyak enam video game telah dikonfirmasi untuk menjadi bagian dari Olimpiade, yang diantaranya adalah League of Legends, Pro Evolution Soccer 2018, Arena of Valor, Starcraft II, Hearthstone dan Clash Royale.

Singkat katanya, adapun cabang olaraga yang nantinya akan dilombakan dalam asian games tahun ini adalah :

  • Akuatik : diving, renang, sinkronisasi renang
  • Panahan
  • Atletik
  • Badminton (bulu tangkis)
  • Baseball : baseball, softball
  • Bola Basket : basket ball, 3 on 3 basketball
  • Bowling
  • Boxing (tinju)
  • Canoeing : sprint, slalom, lomba perahu tradisional
  • Contract Bridge
  • Bersepeda : balapan BMX, sepeda gunung, road, track
  • Tunggang kuda : dressage, eventing, melompat (lompatan)
  • Anggar
  • Hoki lapangan
  • Sepak Bola
  • Golf
  • Olahraga Senam : artistik, berirama, trampolin
  • Handball (bola tangan)
  • Judo
  • Kabaddi
  • Karate
  • Seni Bela Diri : jujitsu, kurash, pencak silat, sambo, wushu
  • Olahraga Mekanik : jetski, paragliding
  • Pentathlon medern
  • Olahraga Roller : inline speed skating, skateboarding
  • Dayung
  • Rugby seven
  • Sepak takraw
  • Menembak
  • Olahraga mendaki
  • Squash
  • Tenis Meja
  • Taekwondo
  • Tenis : tenis, tenis lunak
  • Triathlon
  • Bola voli : voli pantai, voli biasa
  • Angkat Berat
  • Gulat

Negara Partisipan Dalam Asian Games 2018

Pesta Olahraga Asia tahun ini kabarnya akan diikuti oleh 45 negara anggota, yang berafiliasi dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Siapa-siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah daftar negara yang akan berpartisipasi nantinya:

Berbicara tentang negara yang diperbolehkan dan yang tidak, sebelumnya terjadi beberapa perdebatan tentang hal tersebut. Beberapa negara tidak diikutsertakan karena berbagai alasan. Adapun perdebatan yang dimaksud antara lain:

Menurut keanggotaan di OCA, Kazakhstan masih berada di lintas benua, sehingga diperbolehkan berpartisipasi dalam Asian Games. Namun hal yang sama tak berlaku untuk Mesir. Sebagai gantinya, negara tersebut dimasukkan ke dalam Africa Games.

Bukan hanya mesir, ada pula sebagian negara lainnya yang masih berada di daerah kawasan Asia, yang tidak berpartisipasi di Asian Games, melainkan di Eropa Games, yaitu : Turki, Rusia, Azerbaijan, Georgia, Siprus, Armenia dan Israel. Awalnya Israel masih mengikuti Asian Games, namun Ia dikeluarkan dari olimpiade tersebut pada tahun 1976 untuk alasan keamanan.

Israel sempat diminta untuk berpartisipasi dalam Olimpiade 1982, tetapi permintaan itu ditolak oleh penyelenggara karena pembantaian Munich. Israel sekarang menjadi anggota Olimpiade Eropa (EOC) dan bersaing di sana.

Taiwan, Palestina, Hong Kong dan Macau juga diizinkan ikut serta dalam Asian Games sesuai keanggotaan di OCA. Karena status politiknya yang ambigu, Taiwan berpartisipasi dalam Olimpiade di bawah bendera Tiongkok, Taipei sejak tahun 1990.

Sedangkan Macau diizinkan untuk bersaing sebagai salah satu NOC di Asian Games, meskipun tidak diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk partisipasi dalam Olimpiade.

Pada tahun 2007, Presiden OCA, Sheikh Ahmed Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah, menolak usulan untuk mengizinkan Australia berpartisipasi dalam Olimpiade. Australia dan Selandia Baru berpartisipasi dalam Pacific Games sejak 2015.

Hal ini kembali diperdebatkan lagi pada tahun 2017 lalu, setelah adanya partisipasi Australia di Musim Dingin 2017 saat mereka berada dalam diskusi menjadi anggota penuh Asian Games untuk tahun 2022 atau 2026 mendatang.

Namun Komite Olimpiade Australia mengumumkan bahwa Australia akan diizinkan menjadi kontingen kecil atlet untuk pertandingan tahun 2022, seperti bola basket dan bola voli.

Diketahui hanya 7 (tujuh) negara, yaitu India, Indonesia, Jepang, Filipina, Sri Lanka, Singapura dan Thailand yang berkompetisi di semua edisi pertandingan.

Pemegang Emas Terbanyak Selama Pertandingan

Dari 45 Komite Olimpiade Nasional yang berpartisipasi sepanjang sejarah Olimpiade, sebanyak 43 negara telah memenangkan setidaknya satu medali dalam kompetisi. Negara yang sama sekali belum pernah mendapatkan medali adalah Bhutan, Maladewa dan Timor-Leste.

Kurang lebih ada 37 negara yang diketahui telah memenangkan setidaknya satu medali emas (hanya Jepang dan India yang melakukannya di setiap Asian Games), sementara Jepang dan China merupakan dua negara dalam sejarah yang selalu muncul sebagai juara umum.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihatnya pada tabel berikut ini :

Tabel di atas menunjukkan sepuluh negara yang paling banyak mendapatkan medali emas selama pelaksanaan Asian Games. Posisi pertama masih ditempati oleh China, yang kemudian disusul oleh Jepang di posisi kedua. Tidak hanya emas, untuk medali perak dan perunggu pun masih mereka yang terbanyak.

Namun meskipun demikian, bukan berarti mustahil bagi negara-negara lainnya untuk mengalahkan atau merebut posisi mereka. Korea Selatan yang berada di peringkat ketiga pun masih memiliki peluang untuk menjadi yang teratas.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Apakah ada kemungkinan tahun ini negara kita akan mendulang banyak emas? Ingat kata pepatah yang mengatakan, “Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini”, yang berarti selalu ada kemungkinan-kemungkinan tak terduga yang akan muncul dikedepannya.

Oleh karena itu, membangkitkan semangat para atletik kebanggaan kita bukan hanya menjadi tugas perseorangan saja, melainkan tugas kita bersama. Marilah kita mendukung mereka supaya mereka memiliki kekuatan untuk bersaing nantinya di pertandingan tersebut. Sudah siapkah anda untuk menyambut perayaan olahraga besar se-Asia ini?

Siap atau tidak, satu hal yang perlu kita jaga dalam hal ini adalah sikap sportifitas. Apapun keputusan yang akan didapatkan oleh atlet-atlet kita nantinya, maka kita harus menerimanya. Jangan bersikap rusuh ataupun anarkis.

Ingat, kita adalah tuan rumahnya. Seorang tuan rumah tak sepantasnya membuat kerusuhan. Anda tentu tak mau bangsa kita dianggap remeh oleh negara lain atau dicap sebagai bangsa yang anarkis, bukan? Kalau begitu, marilah belajar untuk menghargai satu sama lain.

 

Berapa Kali Sehari Seharusnya Orang Normal “Buang Air Kecil”?

Buang air kecil merupakan salah satu kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh manusia. Sehari saja anda tidak buang air kecil, itu bisa menimbulkan masalah untuk tubuh dan diri anda sendiri. Tapi, terlalu sering ke kamar mandi untuk itu pun ternyata bukan pertanda yang baik.

Lantas, berapa kali dalam sehari seharusnya kita buang air kecil sehingga bisa dikatakan normal? Ini adalah pertanyaan yang sangat sederhana, namun sangat penting untuk kita ketahui.

Meskipun tidak ada angka yang tepat yang bisa dianggap normal sepenuhnya untuk menggambarkan kapan atau berapa kali seharusnya kita membuang urin, namun rata-rata orang “pipis” sebanyak 6 atau 7 kali sehari. Apakah anda juga seperti itu?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi seberapa sering seseorang buang air kecil. Obat-obatan, suplemen, makanan dan minuman tertentu adalah sebagian contoh yang paling sering ditemukan mempengaruhi keadaan tersebut. Selain itu, kondisi medis juga memiliki peran dalam hal ini.

Komunitas medis menggunakan istilah frekuensi kemih untuk menggambarkan ukuran sidikit banyaknya seseorang buang air kecil. Dari frekwensi inilah kita dapat menyimpulkan apakah orang tersebut normal atau tidak.

Mengingat sangat pentingnya hal ini untuk anda ketahui, kami memuat sejumlah informasi di dalam artikel ini, yaitu tentang frekuensi sehat dan tidak sehat dari pengeluaran urin yang sering terjadi di masyarakat dan cara mengelola gejala terkait. Mari kita mulai saja dengan penjelasan yang berikut ini.

Frekuensi Urin Sehat

Frekuensi yang kami maksud di sini mengacu pada seberapa sering atau berapa kali anda pergi ke toilet untuk pipis dalam sehari (24 jam). Kebanyakan orang umumnya buang urin 6 sampai dengan 7 kali setiap harinya. Bisa dibilang ini masih dalam kategori wajar atau normal, asalkan sesuai dengan jumlah pemasukan air ke dalam tubuh.

Jika anda buang air kecil lebih dari 7 kali dalam satu hari, padahal anda hanya mengkonsumsi air atau cairan sebanyak 2 liter saja, ini justru bisa menjadi sebuah pertanda kalau anda memiliki masalah dengan frekuensi urin.

Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kandung kemih yang terlalu aktif, yang berakibat pada timbulnya kontraksi yang sering walaupun sebenarnya pada waktu-waktu tertentu kontraksi tersebut tidak diperlukan.

Kandung kemih yang di dalamnya hanya terdapat sedikit urin ataupun terlalu sensitif, biasanya akan membuat seseorang menjadi lebih sering ke toilet deibandingkan dengan orang-orang pada umumnya.

Frekuensi ini sering dikaitkan dengan urgensi (keharusan yang mendesak) dan dorongan inkontinensia (tidak dapt mengontrol keinginan buang air kecil.

Frekuensi urin antara satu orang dengan yang lainnya biasanya bergantung pada beberapa faktor, seperti :

“Usia (pengeluaran urin pada anak-anak tentu saja akan berbeda dari orang tua dan dewasa, ukuran kandung kemih, asupan cairan, kondisi medis seperti diabetes dan UTI, jenis cairan yang dikonsumsi (seperti alkohol dan kafein), penggunaan obat-obatan (seperti untuk tekanan darah dan suplemen).”

Selain faktor di atas, perubahan hormon dan tekanan pada kandung kemih yang terlibat dalam kehamilan juga dapat meningkatkan output urin. Frekuensi yang tinggi ini bisa berlanjut hingga 8 minggu setelah melahirkan.

Rata-rata, seseorang yang meminum sebanyak 64 ons (kurang lebih 2 liter) air atau cairan dalam kurun waktu 24 jam akan pipis sekitat 7 kali selama periode tersebut.

Meskipun 6 sampai 7 kali adalah standar normal untuk buang air kecil, namun jangan salah karena antara 4 sampai 10 kali sehari mengeluarkan urin juga bisa dimasukkan ke dalam kategori normal jika mereka yang mengalaminya dalam kondisi yang sehat dan tidak merasakan gejala sakit apapun.

Indikasi Jika Jarang atau Terlalu Sering Buang Air Kecil

Baik itu terlalu sering ataupun jarang mengeluarkan urin, keduanya merupakan kondisi yang sebenarnya tidak baik untuk anda. Tahu kenapa? Karena hal tersebut bisa menjadi indikasi kondisi yang mendasarinya, terutama jika disertai dengan beberapa gejala, seperti :

“Sakit pada bagian punggung dan pinggang, ditemukan adanya darah pada urin saat sedang buang air kecil, urin berawan atau berubah warna, mengalami kesulitan saat buang air kecil, mengalami demam, kebocoran saat akan pergi ke toilet (yang bisa jadi disebabkan karena tidak bisa menahan), urin mengeluarkan bau tajam dan menyengat dan merasakan nyeri saat buang air kecil”

Jika anda mengalami sejumlah gejala yang telah kami sebutkan di atas tadi, itu berarti anda membutuhkan perawatan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang jauh lebih parah jika dibiarkan terlalu lama. Pastikanlah anda segera menemui dokter untuk berkonsultasi dan memeriksa keadaan anda.

Siapapun dari anda yang memperhatikan adanya perubahan dramatis dalam frekuensi pengeluaran air seni, meskipun masih berada dalam kisaran normal, anda harus tetap mencari saran medis.

Kondisi Medis Terkait Masalah Frekuensi Urin

Urin adalah salah satu bentuk atau hasil dari proses ekskresi tubuh. Cairan ini biasanya keluar bersama dengan zat-zat racun. Pengeluaran urin ini biasanya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya.

Ada yang sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil dan ada yang jarang. Kondisinya pun juga tak sama. Ada kala urin yang keluar terasa panas dan ada yang biasa saja.

Kebanyakan, masalah yang terkait dengan urin ini selalu berhubungan dengan kondisi tubuh atau kesehatan tertentu. Klinik Cleveland telah melaporkan bahwa 80 persen masalah kandung kemih disebabkan oleh faktor-faktor di luar kandung kemih itu sendiri, salah satunya adalah kondisi medis atau kesehatan masing-masing orang.

Kondisi yang akan kami sebutkan di bawah ini mungkin bertanggung jawab untuk perubahan frekuensi kencing yang dialami oleh sebagian orang.

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

Ini dapat menyebabkan sering buang air kecil, urgensi kemih, sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil dan nyeri punggung. Urinary Track Infection (UTI) sangat umum dialami, terutama di kalangan wanita. Perawatan antibiotik biasanya diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

  • Kandung kemih terlalu aktif

Ini sering digambarkan dengan seringnya buang air kecil dan terkait dengan beberapa masalah, termasuk infeksi, obesitas, ketidakseimbangan hormon dan kerusakan saraf. Sebagian besar kasus ini mudah diobati.

  • Sistitis interstisial

Kondisi jangka panjang ini juga dikenal sebagai sindrom nyeri kandung kemih. Meskipun tidak ada infeksi yang terlibat, kondisi ini menyebabkan gejala yang mirip dengan ISK. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan peradangan kandung kemih.

  • Diabetes

Diabetes yang tidak terdiagnosis atau kurang dikontrol dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, yang dapat menyebabkan sering buang air kecil.

  • Hipokalsemia atau hiperkalsemia

Kadar kalsium tinggi (hiperkalsemia) atau kadar kalsium rendah (hipokalsemia) pada umumnya dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan dapat memengaruhi output urin.

  • Anemia sel sabit

Wujud anemia yang diturunkan ini, atau jumlah sel darah merah yang rendah, dapat mempengaruhi ginjal dan konsentrasi urin. Ini menyebabkan beberapa orang buang air kecil lebih sering.

  • Masalah prostat

Prostat yang membesar menyebabkan seseorang untuk buang air kecil lebih sedikit. Mereka mungkin juga mengalami kesulitan ketika prostat membesar dan menghalangi aliran urin.

  • Kelemahan panggul

Kondisi kesehatan terakhir yang ada hubungannya dengan pengeluaran urin adalah kelemahan panggul. Ketika otot-otot panggul kehilangan kekuatan, seseorang bisa kencing lebih sering. Ini merupakan efek setelah melahirkan.

Mengidentifikasi Masalah Pengeluaran Urin

Jika anda merasa khawatir tentang seberapa sering anda buang air kecil dan hal tersebut mulai mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda, anda bisa membuat janji bertemu dengan dokter, perawat kontinen atau fidioterapis spesialis.

Perawat kontinen dan fisioterapis spesialis adalah profesional perawatan kesehatan yang berspesialisasi dalam masalah kandung kemih dan usus.

Setelah anda membuat janji, dokter atau profesional perawatan akan menilai kondisi anda. Mereka mungkin akan menanyakan sejumlah pertanyaan yang harus anda jawab dengan jujur, agar mereka bisa mengevaluasi keadaan anda dengan baik. Adapun beberapa pertanyaan tersebut antara lain :

  • Seberapa sering anda pergi ke toilet untuk buang air kecil?
  • Berapa banyak air kencing yang anda keluarkan?
  • Seberapa sering anda buang air kecil?
  • Pada saat kapan anda biasanya mengeluarkan air kencing?
  • Obat apa yang sedang anda konsumsi?
  • Apa yang biasanya anda makan atau minum?
  • Apakah terasa sakit atau tidak nyaman saat anda buang air kecil?
  • Berapa kali anda bangun di malam hari untuk buang air kecil?
  • Apakah anda pernah mengompol?

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan ide yang bagus untuk mencatat aktivitas kandung kemih anda selama beberapa hari. Jadi, sebelum menemui dokter, ada baiknya jika anda terlebih dahulu menyiapkan jawabannya. Buatlah catatan setidaknya selama 3 hari.

Keseringan buang air kecil atau dorongan untuk terus mengeluarkan urin sering kali menjadi hal yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain itu, terkadang hal ini juga menyebabkan timbulnya rasa khawatir dan malu, terutaka ketika kita harus terpaksa kencing di celana sebelum bisa mencapai toilet. Pernahkah anda mengalami hal semacam ini?

Kalaulah kejadian seperti itu ternyata terjadi atau menimpa anda, apa yang anda rasakan? Nah, supaya anda terhindar dari perasaan malu karena hal tersebut, maka anda perlu memperhatikan beberapa tips yang akan kami sampaikan berikut ini.

Kiat Untuk Mengelola Frekuensi Kencing

Ada beberapa kiat, saran, atau tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah anda ke kamar mandi lebih sering untuk buang air kecil. Beberapa diantaranya bahkan dinilai sangat efektif, bahkan setelah seseorang mendapatkan perawatan. Adapun tips yang sangat kami anjurkan untuk anda lakukan tersebut, antara lain :

  • Batasilah jumlah asupan minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang dikonsumsi, atau hindari sepenuhnya kalau bisa.
  • Minum atau konsumsilah setidaknya 8 gelas air setiap hari.
  • Kencing sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual dan bersihkan dari depan ke belakang setelah menggunakan kamar mandi.
  • Cobalah suplemen probiotik atau makanan kaya probiotik, termasuk yogurt, kefir dan kimchi. Probiotik dapat mendukung kesehatan genital dan urin.
  • Hindari menggunakan produk yang wangi (wewangian) di sekitar area genital.
  • Kenakan pakaian katun longgar untuk mencegah infeksi dan iritasi.
  • Cobalah untuk berlatih kegel untuk memperkuat otot-otot dasar panggul yang lemah.
  • Pertahankan berat badan yang sehat untuk menghindari menempatkan tekanan tambahan pada otot-otot panggul dan kandung kemih.

Sebagian orang mengatakan kalau mereka menjadi sangat terbantu semenjak mereka mengikuti jadwal kamar mandi yang sengaja mereka buat. Mereka menyusun waktu kapan seharusnya mereka pergi ke kamar mandi dan secara bertahap meningkatkan waktu antara kunjungan (ke kamar mandi) sampai ada kesenjangan 3 jam reguler.

Kesimpulan

Penyebab kencing terlalu sering atau tidak cukup sering biasanya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sebagian besar kecenderungan buang air kecil (sering) bisa diobati dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Tapi sebagiannya lagi memerlukan bantuan tenaga medis untuk penanganannya.

Siapa pun yang merasa khawatir tentang pengeluaran urinnya, atau memiliki beberapa indikasi yang telah kami sebutkan di atas, maka sebaiknya harus segera ke dokter untuk mengurangi resiko komplikasi. Mencari perawatan pada tahap awal juga dapat meningkatkan kemungkinan anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut.